Libur Lebaran, Warga Sangatta “Serbu” Pantai Kenyamukan

June 9, 2019 by  
Filed under Wisata

SANGATTA- Selain Pantai Teluk Lombok yang sudah sejak dulu jadi sasaran tamasya warga Sangatta, kini ada satu lagi daerah yang jadi primadona masyarakat sebagai lokasi hiburan dan wisata baru. Lokasi dimaksud tak lain ialah Pantai Kenyamukan, Kecamatan Sangatta Utara.

Pantai yang bersebelahan dengan lokasi pembangunan Pelabuhan Sangatta tersebut kini menjadi wahana baru bagi warga menyalurkan hasrat berlibur menikmati alam. Apalagi libur panjang sebelum dan sesudah lebaran. Warga Kota Sangatta terlihat berbondong-bondong menyerbu seluruh destinasi wisata salah satunya Pantai Kenyamukan itu.

Dari pantauan media ini, ribuan warga nampak memadati kawasan pantai tersebut selama liburan lebaran 1440 Hijriyah. Kepadatan masyarakat lokal yang berwisata tersebut diperkirakan berlangsung hingga Minggu (9/6/2019) mendatang atau akhir cuti bersama.

Kawasan pantai yang masih dikelilingi hutan bakau alami dengan deburan ombak itu masih menjadi lokasi liburan favorit masyarakat daerah ini. Sejumlah pengunjung mengakui lokasi pantai yang dekat dengan kota dan mudah diakses, menjadi alasan utama warga mengunjungi Pantai Kenyamukan.

Renaldy, salah seorang warga Kota Sangatta menuturkan, saat libur lebaran kawasan Pantai Kenyamukan jadi favorit bagi warga untuk berlibur. Alasannya selain dekat juga mudah dijangkau dengan jalan yang “mulus”.

“Akses jalan yang mendukung dan dekat dengan kota tidak butuh waktu lama untuk sampai. Saya dari rumah hanya butuh waktu 15 menit kesini (Pantai Kenyamukan),” katanya Renaldy yang masih berstatus mahasiswa di Universitas Ciputra, Surabaya.

Namun dia sedikit menyayangkan, pantai dengan potensi bagus namun belum dikelola maksimal. Belum memiliki failitas umum pendukungnya. Renaldy menyebut jika saja ada wahana-wahana baru, tentunya dapat menambah daya tarik pantai tersebut.

Selain Pantai Kenyamukan di Dusun Kenyamukan, Sangatta Utara dan Teluk Lombok di Sangatta Selatan,  Kutim masih memiliki Pantai Sekerat di Bengalon. Saat ini masih menjadi favorit warga Kaliorang, Bengalon hingga Sangkulirang. Pantai yang sempat menjadi lokasi latihan gabungan TNI ini, menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki pasir putih. Selain itu, ada pula tempat wisata yang juga menjadi lokasi warga untuk berlibur. Antara lain Gunung Kongbeng yang terletak di Kecamatan Kongbeng, kemudian air terjun di Kaliorang maupun di Kecamatan Rantau Pulung. Serta banyak destinasi wisata keindahan alam dan petualangan lainnya yang sayang untuk dilewatkan. (*/hm7)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.