Volume Sampah Diprediksi Meningkat di H+3 Lebaran

June 3, 2019 by  
Filed under Serba-Serbi

SANGATTA-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kutai Timur (Kutim) melalui UPT Kebersihan memprediksi volume sampah di Sangatta akan meningkat 80 persen pada H+3 lebaran.

BAKAL MELONJAK: Aktivitas TPS di Kota Sangatta, jelang lebaran volume sampah diperkirakan akan naik. (Foto: Fuji )

“Meningkatnya itu dirumah tangga masing-masing, pada hari pertama dan kedua lebaran. Volume pasti melonjak karena akumulasi sampah beberapa hari,” kata Usman pengawas pengangkutan sampah UPT Kebersihan ketika diwawancarai via handphone.

Usman menambahkan tidak ada yang berbeda setiap tahunnya, volume sampah pada tahun ini dipastikan banyak.

“Dari tahun sebelumnya sama saja lebaran baru meningkat. Kalau saat Ramadan tidak ada peningkatan, biasanya jumlah sampah akan banyak pada saat lebaran saja, ditambah pasca lebaran h+7,” jelasnya.

UPT Kebersihan Kutim menjamin siap bekerja maksimal dalam pelayanan pengangkutan sampah sesuai perintah Bupati Ismunandar. Dibantu oleh petugas kebersihan sebanyak 70 personel akan mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah.

“Saat lebaran kami tidak libur, bersama petugas bahu-membahu mengangkut sampah dari TPS ke TPA dengan 4 unit truk. Karena warga sudah membayar retribusi sampah, otomatis kami memberikan balasan dengan pengangkutan sampah sesuai jadwal mengantisipasi aroma busuk jika sampah tidak secepatnya diangkut,” ujarnya.

Usman menerangkan titk-titik yang disinyalir penyumbang sampah besar khusus Sangatta Utara ada di Pasar Induk, TPS Kabo, Jalan Dayung, Teluk Lingga, Jalan Inpres, Gang Rezeki, hingga Tongkonan Ranu. Terkait jadwal UPT Kebersihan mengangkut sampah dimulai pada Pukul 02.00 Wita subuh sampai Pukul 09.00 Wita pagi terbagi dalam tiga shift dalam 24 jam. Dirinya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat agar membuang sampah pada waktu malam hari sesuai aturan yang diberlakukan oleh UPT Kebersihan lewat edaran sebelumnya yaitu mulai Pukul 18.00 Wita sampai Pukul 06.00 Wita pagi. (*/hm13)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.