Kutim Kembali Raih Opini WTP

May 25, 2019 by  
Filed under Kutai Timur

SAMARINDA- Kabupaten Kutai Timur (Kutim) kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018, yang diserahkan oleh Kepala Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kaltim di Samarinda, Jumat (24/5) 2019, sore dan diterima langsung Bupati Kutim H Ismunandar.

Dengan meraih predikat Opini WTP tersebut, berarti Kutim empat kali berturut-turut menyandag opini tersebut.

“Ini merupakan kerjasa keras kepala daerah dan aparatur daerah, atas kerja keras dan kerja cerdas, sehingga predikat WTP bisa diraih,” kata Kepala BPK RI perwakilan Kaltim, Raden Cornell Syarief Prawiradiningrat, ketika menyampaikan sambutan, usai penyerahan LHP LKPD tahun 2018.

Kegiatan itu berlangsung di ruang aula BPK Perwakilan RI Kalim, jalan M Yamin Samarinda. Hadir juga Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Sekretaris Kabupaten Irawansyah, Wakil Ketua DPRD Kutim Yulianus Palangiran, Kepala Bappeda Esward Azran, Kepala BPKAD Kutim Suriansyah, Sekretaris Inspektur Kutim Yasrin, Kepala DPM PTSP Darmawansyah, Kadis PMD Suwandi dan sejumlah pejabat lingkup Pemkab Kutim.

Dijelaskan Kepala BPK Perwakilan Kaltim, pemeriksaan dan penyampaian laporan LHP LKPD merupakan hasil laporan yang disampaikan selambat lambatnya dua bulan setelah menerima hasil pemeriksaan. Atas dasar itu, BPK menjaga kualitasnya sesuai amanah UU. Opini wajar diberikan jika laporan bisa diterima dan dikoreksi. Sedangkan opini tidak wajar, jika laporan keuangan salah atau tidak bisa dikoreksi, atas laporan pemeriksaan yg dilakukan.

Menurut Syarief Prawiradiningrat, kedudukan kepala daerah memiliki peranan penting, dalam pelaksanaan keuangan di daerah. Keberhasilan suatu daerah sangat ditentukan pimpinan daerah.

“Kami prihatin, masih ada daerah yang belum raih WTP. Daerah yang meraih WTP merupakan kerja keras dan kerja cerdas dan kerja ikhkas masing masing daerah, bukan kerja BPK. Semuanya atas kerja keras aparatur daerah,” kata Syarief.

Pihaknya terus berusaha memperkuat pengawasan dan kinerja dalam melakukan pengawasan yang bisa dipertanggungjawabkan. BPK terus berusaha meningkatkan pelayanan publik.

“Kami berharap tahun depan semua kabupaten dan kota se Kaltim bisa meraih WTP, ” kata Syarief.(*/hm7)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.