Bupati Kutim Tutup PTQ Emas RRI

May 12, 2019 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SAMARINDA-Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar didapuk menjadi tamu kehormatan untuk menutup kegiatan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) RRI Ke- 50 atau PTQ Emas 2019 se-Kaltim gelaran LPP RRI Samarinda di Jalan M Yamin, Sabtu (11/5/2019). Sebelumnya PTQ sudah dibuka mulai Senin (6/5/2019) yang lalu.

Momen ketika Bupati Ismunandar menutup kegiatan PTQ di LPP RRI Samarinda. (Foto: Ist)

Mengenakan pakaian muslim berwarna putih dan kopiah hitam, Ismunandar menyampaikan jika PTQ tentunya akan melahirkan generasi generasi muda berprestasi yang akan menjadi pemimpin dalam dakwah Islam.

“Saya yakin dari para para pemenang qori dan qoriah dari perwakilan Kaltim yang akan berlaga di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 17 – 22 Mei mendatang bisa memberikan hasil terbaik. Nomor berapa pun, saya akan berikan reward umroh,” kata Ismu sontak diaminin undangan yang menyaksikan.

Ismu menambahkan qori dan qoriah di Kaltim punya skill mumpuni untuk bersuara di tingkat nasional karena sudah melihat langsung peserta di cabang Tilaway, Tausiah dan Hafiz lewat suara yang lugas, mudah, dan enak didengarkan.

“Kedepan, saya juga akan minta perwakilan dari qori dan qoriah dari Kutim lebih banyak yang ikut di PTQ agar merangsang Kabupaten/Kota lain menyemarakkan PTQ dalam pengembangan syiar Islam,” jelas Ismu yang menjadi sponsor kegiatan dimaksud.

Sementara itu, Kepala LPP RRI Samarinda Khalidiraya mengatakan RRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik memang harus memberikan sumbangsih konkrit terhadap upaya revolusi mental kepada masyarakat, salah satunya melalui kegiatan keagamaan seperti ini.

Selain itu, penyelenggaraan PTQ ini dimaksudkan sebagai wujud peran serta LPP RRI turut menyemarakan bulan Ramadan 1440 H.

“Ini memang menjadi agenda tahunan RRI memeriahkan Bulan Ramadan. Peserta yang berkompetisi berasal dari utusan dari kabupaten/kota se-Kaltim sebanyak 97 orang, jumlah ini lebih banyak dari tahun sebelumnya,” tuturnya.

Khalidiraya menambahkan ini jadi gambaran PTQ sebagai kontribusi nyata RRI Samarinda untuk lebih mengasah pembinaan mental spiritual bagi umat muslim dan juga lebih memahami dan menghayati kitab suci al-quran.

Untuk menentukan peserta terbaik lomba PTQ RRI ke-50 Tahun 2019, Sembilan dewan hakim di datangkan, masing-masing untuk dewan hakim Tilawah Hj. Kustaniah sebagai Ketua, Hj.Siti Munawaroh dan Hj. Siti Rahmah anggota, sedangkan dewan hakim tausiah Drs. H. Sidik Alrillah, Ketua, Dr.H.Mansah HB.MPD dan H. Bunyamin LC.M.Ag anggota, sementara dewan hakim Tahfiz ketua KH.Sabran dn anggota masing-masing KH. Rafi’i dan Qomar Sanusi anggota.

Keluar sebagai juara pertama qori yaitu Miftahul Ihsan dan juara pertama qoriah Ummi Zahratunni’mah. Mereka otomatis akan mewakili Kaltim menuju Mataram. (*/hm13)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.