Warga Semarakkan Tarawih di Masjid Agung Al-Faruq

May 10, 2019 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SANGATTA- Masjid di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) masih terlihat dipadati jamaah untuk melakukan salat tarawih. Sejak malam pertama Minggu (5/5/2019) hingga memasuki hari keempat Ramadan 1440 H, Rabu (8/5/2019) warga Sangatta berbondong-bondong menyerbu tempat ibadah umat Islam tersebut untuk menyemarakkan satu bulan istimewa.

Masjid Agung Al-Faruq Sangatta

Dari pantauan lokasi dua masjid di kawasan Bukit Pelangi yaitu Masjid Agung Al Faruq dan Masjid Nurul Iman Al Qubaiyah masih menjadi favorit jamaah untuk melaksanakan salat tarawih. Namun Masjid Agung tetap menjadi primadona. Pasalnya shaf laki-laki maupun perempuan hingga terlihat padat. Setiap tahun icon rumah ibadah di Kutim itu jadi langganan wajib beribadah di Bulan Ramadan.

Lokasi parkir pun terlihat penuh dari parkiran utara dan selatan. Kendati jalan tetap dibuka untuk umum, meski kanan dan kiri penuh parkir kendaraan bermotor. Salat tarawih berlangsung khusyuk dalam suasana hening dipimpin oleh imam Misran. Bacaan-bacaan fasih dan tartil dari sang imam menambah larut dalam beribadah.

Semangat terasa setiap usai salam dari salat dua rakaat tersebut. Suara salawat seolah menjadi pertanda untuk kembali berdiri guna salat dua rakaat selanjutnya. Masjid Al Faruq menggelar salat tarawih dan witir sebanyak 23 rakaat. Namun tampak beberapa jamaah menyelesaikan salatnya memilih 8 rakaat. Usai salat tarawih warga pun melanjutkan dengan bertadarus Alquran. Lewat pengeras suara terdengar alunan syiar bacaan kalam Ilahi.

Sebelumnya, penceramah H Rajiansyah menyampaikan kultum selama lima menit disaksikan seluruh jamaah yang hadir. Ia mengharapkan selama bulan puasa Ramadan jamaah Masjid Al Faruq dapat mengisi dengan rangkaian ibadah salat malam, zikir, baca quran serta sedekah.

“Saya mengajak umat Islam jamaah masjid dapat memanfaatkan momentum puasa Ramadan tahun ini untuk meningkatkan nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ucapnya.

Dia juga mengingatkan warga muslim Sangatta dan sekitarnya untuk menjaga niat amalan ibadah bisa menjadi pengingat untuk melaksanakan perintah Allah SWT. (*/hm13)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.