Masjid Nurul Iman Al Qubaiyah Siapkan Menu Berbuka Gratis

May 10, 2019 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SANGATTA- Masjid Nurul Iman Al Qubaiyah yang berada di seberang Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) kawasan Bukit Pelangi menyiapkan berbagai kegiatan satu bulan penuh selama Ramadan 1440 H. Salah satu kegiatan yang selalu dilaksanakan pengelola masjid adalah menyiapkan sajian untuk berbuka puasa.

TAKJIL SUMBANGAN WARGA: Warga umat Islam mulai dewasa hingga anak anak tampak menikmati aneka macam hidangan berbuka puasa di Masjid Nurul Iman Al Qubaiyah.(Foto: Irfan)

Ketua Pengurus Masjid Nurul Iman Al Qubaiyah yaitu Suyono mengatakan setiap hari selama Ramadan, masjid menyediakan ratusan hidangan berbuka puasa.

“Mulai 1 Ramadan 1440 H yang jatuh pada Senin (6/5/2019) lalu hingga berakhirnya 30 Ramadan 1440 H, Selasa (4/5/2019) mendatang. Kami bisa menghidangkan aneka makanan berbuka puasa mulai dari bubur ayam, nasi kotak, hingga jenis takjil serta gorengan hasil dari sumbangan warga muslim di sekitar masjid yang mendiami dua daerah yaitu RT 39 dan RT 40,” tutur Suyono.

Jika ditotal setiap hari ada sekitar 100 porsi makanan yang bisa disantap oleh warga muslim manapun ketika singgah dimasjid tersebut. Semuanya disediakan gratis untuk umat muslim yang berbuka puasa. Suyono menambahkan, setiap harinya hidangan berbuka yang disajikan berbeda-beda.

“Tergantung donaturnya nanti mau kasih apa, kita dari pengurus sebagai pihak penerima saja. Jadwal nama warga muslim yang menyumbang hidangan berbuka puasa juga sudah kita tempel di papan informasi kegiatan masjid,” ucap Suyono.

Dari pantauan, menu takjil pada Rabu (8/5/2019) untuk satu porsi warga yang berbuka puasa di Masjid Nurul Iman Al Qubaiyah berisikan kurma, kue kelepon, gorengan ote-ote, hingga ada kue lapis. Untuk hidangan minum teh hangat manis tetap mengugah selera, karena kalau yang dingin kurang baik untuk berbuka. Untuk diketahui paket takjil yang disediakan sudah dihitung sesuai rata-rata jamaah masjid. Selama ini Suyono mengaku tidak pernah kekurangan, bahkan sumbangan yang datang kerap berlimpah.

“Ada juga yang datang membawa sumbangan kue setelah berbuka puasa. Nah, itu kita manfaatkan untuk dibagi kepada jamaah tadarus Alquran di malam hari,” terangnya.

Sebagai informasi, kegiatan Ramadan di Masjid Nurul Iman Al Qubaiyah meliputi Pasar Ramadan yang digelar di halaman masjid, zakat fitrah/mal, buka puasa bersama, serta kegiatan ibadah lainnya seperti salat tarawih, tadarus Alquran, ceramah menjelang subuh, magrib dan menjelang tarawih. Pengurus masjid menyambut baik kepedulian masyarakat yang telah membantu menyumbang takjil untuk berbuka puasa dan infak. Begitu pula antusias jamaah yang datang berbuka puasa ke masjid. (*/hm13)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.