Sepakat Tunggu Keputusan KPU

April 24, 2019 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA – Seluruh elemen dan komponen masyarakat Kutim sepakat melakukan deklarasi menunggu dan menghormati keputusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten /Kota, KPU provinsi dan KPU RI. Deklarasi tersebut dihadiri Bupati Kutim, H Ismunandar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kutim, KPUD Kutim, Pengawas Pemilu, Ketua Partai Politik, Tim Sukses, Tokoh Agama, Pemuda, Tokoh Masyarakat dan pihak terkait lainnya. Deklarasi itu digelar Selasa (22/4/2019) di Hotel Royal Victoria, Sangatta.  

Deklarasi menunggu dan menghormati keputusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten /Kota, KPU provinsi dan KPU RI oleh seluruh komponen di Kabupaten Kutai Timur.(foto: Jani)

Isi deklarasi yakni “Kami komponen masyarakat Kabupaten Kutai Timur dan Parpol Peserta Pemilu serta Timses, sepakat sabar menunggu dan menerima keputusan KPU RI guna menciptakan siatuasi Kabupaten Kutai Timur yang aman, sejuk dan damai”.

Bupati Kutim H Ismunandar meminta semua pihak untuk bersabar dan menghormati keputusan dari KPU. Jika ada informasi atau data yang disampaikan oleh internal masing-masing, sebaiknya tidak usah keluar. Cukup untuk konsumsi internal saja.

“Dimana-mana yang dibicarakan saat ini adalah perolehan suara. Informasinya berbeda-beda pula. Untuk itu, kita percayakan dan hormati keputusan dari KPU serta sabar menunggu hasil akhirnya,” pinta Ismu.

Sementara itu, Ketua KPUD Kutim Ufa Jamiltul Farida mengatakan secara umum pelaksanaan pemilu sudah sesuai dengan tahapan. Saat ini, masing – masing kecamatan masih melakukan rekapitulasi penghitungan suara. Baru satu kecamatan yang telah melakukan rekapitulasi yaitu Kecamatan Long Mesangat.

“Yang sudah tergeser dari kecamatan ke kabupaten tadi malam adalah Long Mesangat. Sedangkan Kecamatan lainnya masih melanjutkan penghitungan suara,” sebut Ulfa.

Rekapitulasi di Kabupaten, lanjut Ulfa, rencana awal 26 April 2019. Namun, tidak bisa dilaksanakan karena masih menunggu rekapitulasi selesai dari semua kecamatan. Hal ini menurutnya tidak menjadi masalah karena melalui proses tahapan pemilu.

Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan membenarkan bahwa saat ini penghitungan suara sebagian besar masih berada di PPK.

“Tadi malam satu PPK sudah mengirim logistiknya di KPU yaitu Long Mesangat. PPK yang sudah selesai lagi adalah PPK Kecamatan Telen dan sore ini akan digeserkan ke gudang logistik,” ucapnya.

Namun untuk 16 PPK lainnya, sambung Teddy,  masih melakukan penghitungan suara dan anggota TNI/POLRI sebagian besar masih ada di lapangan melakukan pengamanan hingga bergeser ke KPU Kabupaten.

Lebih jauh Teddy mengatakan, Kutim termasuk daerah yang kondusif dalam pelaksanaan Pemilu. Mulai dari tahapan kampanye sampai pencoblosan berjalan dengan aman dan kondusif. Diapun berharap keadaan ini terus tercipta di Kutim hingga pengumuman disampaikan oleh KPU nantinya. (*/hm15)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.