Tinjau UNBK SMP dan SD, Wabup Motivasi Peserta Ujian Akhir

April 24, 2019 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA- Hari pertama pelaksanaan ujian sekolah untuk SD dan UNKB (ujian nasional berbasis komputer) bagi siswa SMP mendapat perhatian Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Senin (22/4/2019). Wabup melakukan kunjungan ke SDN 002 Sangatta Utara dan SMPN 1 Sangatta Utara.

Wabup yang mewakili Bupati H Ismunandar memberikan motivasi kepada seluruh peserta ujian yang ditemuinya. Saat kunjungan Kasmidi didampingi Asisten Pemkesra Suko Buono dan Plt Kadisdik Roma Malau.

Ia mengatakan soal sektor pendidikan, Kutim tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Karena kualitasnya tak kalah dengan sekolah didaerah lainnya.

“Dengan prestasi-prestasi, salah satunya juara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan gerakan pramuka terbaik se-Kaltim, dikenal nasional hingga internasional,” tutur Kasmidi mengawali beberapa arahan dan kalimat motivasinya pagi itu.

Dia menambahkan kesempatan emas bagi generasi muda tidak datang jika tidak dikejar. Maka dari itu harus semangat sehingga mendapat nilai tinggi dalam hasil ujian nantinya. Wabup bersyukur pelaksanaan ujian sekolah untuk tingkat SD dan UNBK bagi siswa SMP berjalan lancar tanpa kendala.

“Allhamdulilah semuanya berjalan aman dan lancar, ada beberapa sekolah yang saya datangi langsung tidak punya komputer untuk ujian, tetapi pihak sekolah berusaha untuk meminjam komputer di sekolah SMA yang sudah melakukan ujian nasional. Agar semua siswa bisa mengikuti UN tersebut hingga tiga hari kedepan,” beber Kasmidi.

Diketahui, salah satu sekolah yang mengikuti ujian yakni SDN 002 Sangatta Utara jumlah siswa-siswi 193 anak. Ujian berlangsung selama 3 hari ujian sekolah 3 hari Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). SMPN 1 Sangatta Utara jumlah siswa-siswi 307 anak, ujian berlangsung selama 4 hari dalam tiga sesi setiap harinya.

Adapun jumlah peserta ujian tahun 2019 ini sebanyak 7.487 pelajar. Terdiri dari 3.991 siswa pelajar putra dan 3.496 siswa pelajar perempuan untuk SD. Sementara untuk pelajar tingkat SMP yang mengikuti Ujian Nasional di Kutim. Keseluruhannya berjumlah 5.695 pelajar. Baik yang berasal sekolah negeri maupun swasta mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Sementara jumlah siswa yang mengikuti Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) hanya 2.386 dan selebihnya masih menggunakan kertas dan pensil atau manual. (*/hm7)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.