Anak Muda Kaltim Diharapkan Unggul dalam Kompetisi Milenial

March 31, 2019 by  
Filed under Berita, Wisata

Samarinda, Vivaborneo.com —  Kementerian Pariwisata akan mengadakan lomba bagi anak-anak milenial Indonesia untuk memanfaatkan  era revolusi industri 4.0 untuk memenangkan persaingan sektor pariwisata di pasar global (tourism 4.0).

Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi (kiri) bersama Hj Hetifah Sjaifudian dan Menteri pariwisata Arief Yahya dan moderator acara Gde Wirayasa saat acara Millenial Gethering

Pada kegiatan ini Arief Yahya yang pernah bertugas di Balikpapan sewaktu masih di PT Telkom mengatakan akan ada lomba  berupa lomba video khusus untuk generasi milenial yaitu pemilihan berbagai video millenial dan  pemilihan destinasi milenial .

“Dan yang penting anak-anak Kaltim harus unggul di ajang milenial ini. Ayo membuat berbagai konten dan visi komersial khusus untuk milenial dengan total hadiah 200 juta Lomba Video Pariwiasta Millenial.

Saat ini perilaku wisatawan dunia khususnya sangat memanfaatkan tekhnologi digital ketika mencari informasi sebelum para travellers milenial ini melakukan kunjungan untuk berlibur.

“Sekitar 70 persen  travellers melakukan ‘search dan share’ melalui aplikasi  digital dan lebih dari 50 persen  inbound travellers kita adalah kaum milenial,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya pada acara Millennial Gathering 2019 yang berlangsung di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu  (30/3).

Acara dengan tema ”Created Creators: Millennial dalam Pariwisata di Era Industri 4.0, Arief Yahya  menegaskan kembali akan datangnya revolusi industri 4.0 yang merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindarkan.

“Cepat atau lambat akan terjadi di seluruh sektor, tak terkecuali pariwisata. Sebagai persiapan menyambut tourism 4.0.  Kemenpar  antara lain menyiapkan platform digital dengan nama New ITX-Indonesia Tourism Exchange,” ujar Arief.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR-RI Hetifah Sjaifudian, yang turut berkompetisi pada Pemilu 2019 dengan daerah pemilihan Kalimantan Timur  mengatakan, acara Millennial Gathering 2019 menjadi wadah dalam mengangkat isu-isu terkini di kalangan kaum milenial  yang berkaitan dengan berbagai isu global.

Hal ini ujarnya,  akan membentuk generasi muda menjadi pribadi kreatif yang mampu bersaing di dunia internasional. “Acara ini diharapkan dapat menjadi  wadah inspirasi generasi milenial untuk menduplikasi semangat kreatif dan proses pengembangan industri pariwisata berbasis model industri 4.0,” ujarnya.(vb/wid/foto: kemenpar)

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.