Pesta Laut Muara Bengalon – Cikal Bakal Wisata Unggulan Kutim

March 19, 2019 by  
Filed under Wisata

SANGATTA – Sejak pagi ribuan nelayan dan masyarakat berbondong-bondong hadir pada acara Pesta Laut Desa Muara Bengalon, Kecamatan Bengalon, Minggu (17/3/2019). Sambil membawa alat pancing bersama keluarga, warga terlihat antusias mengikuti pesta laut yang diramaikan lomba mancing dan perahu hias.

Masyarakat yang hadir tak hanya dari warga setempat, tapi juga dari ibu kota kecamatan dan kabupaten. Bahkan dari luar Kutim seperti Samarinda dan Sulawesi turut hadir memeriahkan event tahunan tersebut.

Pesta laut yang sedianya dihadiri Bupati Kutim H Ismunandar ini akhirnya dibuka Sekretaris Kabupaten (Seskab) Irawansyah. Sementara Bupati berhalangan hadir karena tugas penting keluar daerah. Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah pejabat dilingkup Pemkab, perwakilan unsur FKPD, Ketua Adat Besar Kutai Sayyid Abdal Nanang Al Hasani, perwakilan manajemen PT KPC, Camat Benglon Suharman, tokoh masyarakat dan perangkat Desa Muara Bengalon.

Seskab Irawansyah mewakili bupati menyambut gembira pesta laut di Desa Muara Bengalon kali ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan destinasi wisata yang dimiliki Kutim.

“Terlihat salah satunya, disini dibangun tempat yang cukup potensial untuk mendatangkan tamu untuk berwisata. Apakah ke laut atau menikmati pemandangan lain maupun berwisata budaya,” ucap Irawansyah dihadapan masyarakat dan para undangan.

Dengan hadirnya para OPD terkait diantaranya Dinas pariwisata dan Dinas Kelautan Perikanan serta Ketua Adat Kutai diharapkan dapat bergerak bersama. Melakukan pembinaan dan pengembangan wisata yang ada di Desa Muara Bengalon.

“Kedepan pembangunan Kutim akan berkembang dengan pesat. Apalagi sebentar lagi diresmikan KEK MBTK (Maloy Batuta Trans Kalimantan). Belum lagi investasi lainnya tumbuh berkembang. Kita berharap dapat menyambut investasi ini. Bahwa Kecamatan Bengalon memiliki potensi mulai dari darat ada batu bara, bahkan perkebunan. Tak hanya itu juga ada laut, harus berkembang untuk menopang perkembangan di daerah kita,” tuturnya.

Karena pesta laut ini sudah menjadi even tahunan, Maka Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan dapat memberi informasi kepada pihak-pihak lain untuk menjadi agenda rutin. Sehingga daerah lain juga dapat meniru Pesta Laut Desa Muara Bengalon.

Kepala Desa Muara Bengalon Uskar mengucap terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini. Sehingga terlaksana dengan baik. Ia berharap dengan diadakannya acara tahunan ini dapat membawa berkah bagi semua pihak. Membuat Desa Muara Bengalon semakin semangat untuk menjaga lingkungan laut.

“Serta memajukan perkembangan desa. Terutama dibidang perikanan dan kelautan. Kemudian peran generasi muda sangat diharapkan untuk menyumbangkan aspirasi dan kemampuan demi membangun desa menjadi desa teladan, khususnya dibidang perikanan dan kelautan,” ujar Uskar. (*/hm10)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.