Investor Pabrik Semen Diminta Komitmen Kelola Kawasan Lindung

March 16, 2019 by  
Filed under Kutai Timur

SAMARINDA- Hongshi Holding, yakni perusahaan dari Provinsi Zhejiang, China, telah menyatakan keseriusannya mengelola kawasan karst di Sekerat, Kecamatan Bengalon menjadi industri semen. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Deputy Director Hongshi Holding Xu Xing kepada Gubernur Kaltim Isran Noor dan Bupati Kutim Ismunandar, di Kantor Gubernur, Jumat (15/3/2019).

Namum persoalan lingkungan dan upaya menjaga kawasan bentang alam karst yang merupakan kawasan lindung geologis maupun lindung nasional di Sekerat, Kecamatan Bengalon, menjadi satu hal utama yang dibahas pada pertemuan tersebut. Satu hal ini sengaja dibahas diawal sebagai upaya pemerintah untuk melindungi kawasan lindung yang terdapat disana. Sebab kawasan bentang alam karst menjadi dasar bagi Gubernur dan Bupati sesuai kewenangannya dalam menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi dan Kabupaten Kota.

“Sehingga diusulkan 194.172,33 hektare sebagai kawasan yang dilindungi. Sedangkan kawasan yang bisa dipakai pertambangan untuk pabrik semen, seluas 822 hektare,” kata salah seorang pejabat Pemprov Kaltim.

Usulan dari petinggi Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim inipun ditanggapi positif oleh pihak investor. Hongshi Holding menyatakan siap berinvestasi dan beroperasi pada saatnya nanti, dengan tetap mengedepankan prinsip pengelolaan lingkungan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia. (*/hm3)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.