ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

KPU Kutim Kebut Pelipatan Surat Suara

March 14, 2019 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA – Pelipatan kertas suara sudah mulai dikerjakan oleh KPU Kutai Timur (Kutim) sejak beberapa waktu lalu. Selain melipat, petugas dari KPU Kutim juga melakukan sortir surat suara yang rusak. Seperti cetakan yang buram, robek ataupun terkena noda. Tim pelipat terdiri dari masyarakat, perwakilan KPU dan Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D).

Ketua KPU Kutim Harajatang menjelaskan bahwa pelipatan kertas suara sudah dilakukan sejak awal Maret 2019. Bersama Bawaslu dan pihak kepolisian ikut mengawasi dengan ketat progress pelipatan kertas suara tersebut.

“(Pelipatan kertas suara pemilu) Sudah dilakukan mulai 1 maret, target 20 hari selesai,” ucap Harajatang, ditemui awak media di ruang kerja, (12/3/2019).

Harajatang menambahkan, untuk pekerjaan melipat kertas suara tersebut, tenaga yang digunakan adalah kebanyakan anak muda produktif sebanyak 100 orang. Dipilih tenaga yang masih muda karena beberapa pelipatan surat suara kali ini sulit, lebih rumit dan lebar. Seperti surat suara untuk DPRD Kabupaten dan DPRD Provinsi.

“Jumlah logistik surat suara yang ada saat ini akan disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Ditambah dua persen surat suara logistik pemilu dan surat suara perhitungan,” jelasnya.

Jumlah keseluruhan surat yang dilipat lebih dari satu juta. Sedangkan surat suara yang sudah datang baru sekitar 200 ribuan. (*/hm7)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.