IKWI Kaltim dan YKI Kaltim Sosialisasi IVA Test

March 4, 2019 by  
Filed under Kesehatan

Samarinda- Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (Kaltim) beserta Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kaltim melaksanakan deteksi dini dengan Inspeksi Visual Asam Asetat atau IVA Test di Kelurahan Mugirejo Samarinda, Kamis (28/02/2019).

Peserta IVA Test terdiri dari anggota PKK Mugirejo, anggota Pengajian Perum Artas, anggota Posyandu anyelir dan masyarakat umum. Dengan melakukan IVA Test maka bisa diketahui hasilnya positif dimana biasanya ada tanda seperti bercak putih bukan berarti orang tersebut mengidap kanker leher rahim.

Ketua Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kaltim Nani Heritani menyampaikan, pencegahan dini dengan metode IVA harus digencarkan, karena biayanya lebih mutah serta cepat dan tingkat akurasinya hampir sama dengan Test Papsmear yang selama ini populer digunakan. Dengan mendeteksi dini melalui Test IVA, maka bagi wanita yang positif terjangkit kanker serviks dapat mengambil langkah yang tepat untuk menindak lanjuti penanganannya.

“Mari rajin berolahraga dan hidup dengan pila yang sehat dan teratur,” kata Nani.

Kanker Serviks merupakan salah satu penyebab kematian terbesar bagi perempuan di seluruh dunia. Pada tiap harinya diperkirakan muncul 40 – 45 kasus baru dam sekitar 20 – 25 orang meninggal akibat kanker serviks. (**)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.