Guru Kutai Timur Berprestasi Tingkat Nasional

February 23, 2019 by  
Filed under Profile

SANGATTA – Seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) wajib berbangga. Karena kabupaten ‘Tuah Bumi Untung Benua” ini kembali melahirkan seorang guru berprestasi. Bukan hanya berprestasi tingkat kabupaten, tapi sudah tingkat nasional. Bahkan dalam waktu tak lama lagi menjadi duta bangsa ke level internasional.

Foto Bersama Bupati Kutim H Ismunandar, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kutim Roma dan Tri Agustin Kusumaningrum (Foto:Ist)

Guru wanita tersebut adalah Tri Agustin Kusumaningrum SPd. Yakni seorang guru dari SDN 002 Sangatta Utara yang sukses menorehkan prestasi dari ajang pemilihan guru berprestasi. Atas keberhasilannya tersebut, Tri Agustin dihadiahi kesempatan untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Scince, Technology, Engeneering and Math (STEM) dan HOTS selama 5 minggu di Jiangsu Vocational Institute of Architectural Technology, China.

Keberhasilan Tri Agustin mendapat apresiasi dari Bupati Kutim H Ismunandar. Disela-sela padatnya agenda kerja, Ismu berkenan memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi. Ismu sapaan akrab Bupati, mengatakan sejalan dengan hadirnya fenomena revolusi industri 4.0, tak hanya siswa yang perlu disiapkan. Guru pun diharapkan memiliki peningkatan profesionalisme terkait mental, komitmen, dan kualitasnya untuk menghadapi percepatan perubahan dunia.

“Diperlukan guru yang tak hanya bertugas mentransfer ilmu, melainkan seorang pendidik yang mampu menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter. Dalam pemanfaatan teknologi digital dengan bijak” ujar Ismu saat diwawancara awak media di rumah jabatan Bupati, Bukit Pelangi, Kamis (21/2/2019).

Hal tersebut menurut Ismu sangat penting, sebab Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan mampu menjadi generasi yang unggul dalam berbagai bidang demi menunjang laju pembangunan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan DR Roma Malau menjelaskan bahwa Tri Agustin setelah menorehkan prestasi dipemilihan guru berprestasi 2017 akan berkesempatan pula masuk dalam jajaran penulis dan verifikator soal tingkat nasional. Diselenggarakan Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kami (Disdik) akan memberikan kesempatan menyekolahkan ke jenjang strata 2, bagi guru-guru Kutai Timur yang mengukir prestasi di tingkat nasional” ucap Roma penuh semangat.

Roma menambahkan bahwa Tri Agustin juga sukses menjadi pemenang lomba penulisan buku bahan bacaan anak GLN 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan judul buku Jelajah Arsitektur Lamin Suku Dayak Kenyah. (*/hm7)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.