Kabupaten Kutai Timur Pertahankan Predikat B pada LHE SAKIP

February 7, 2019 by  
Filed under Kutai Timur

BANJARMASIN – vivaborneo.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) kembali mendapat predikat baik (B) dalam Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LHE SAKIP) Award 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Seskab Irawansyah saat menerima Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LHE AKIP) Award 2018 di Golden Tulip Galxy Hotel Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Foto : Jani Humas)

Di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Kutim meraih peringkat B bersama Kabupaten Berau, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartagenara, Kota Bontang serta Kota Balikpapan.

Sementara empat daerah di Kaltim lainnya masih tertahan diperingkat C. Hasil ini menjadikan Kutim sebagai daerah yang tiga tahun berturut-turut merengkuh predikat yang sama.

Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah diberikan langsung oleh MenPAN-RB Syafruddin kepada Sekretaris Kabupaten (Seskab) Irawansyah mewakili Bupati Kutim H Ismunandar yang menyaksikan dari kursi undangan VIP. Penyerahan LHE AKIP 2018 ini berlangsung di Golden Tulip Galaxy Hotel Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (5/2/2019).

Sedianya award diterima langsung oleh Bupati Kutim H Ismunandar, namun karena masalah kesehatan, maka spontan Seskab didelegasikan menerima award. Selain Seskab, turut mendampingi Bupati Kutim H Ismunandar juga hadir Kepala Inspektorat Wilayah Kutim Suko Buono.

Penyerahan award ini merupakan kali kedua pada tahun ini. Setelah sebelumnya KemenPAN-RB menyerahkan award  LHE SAKIP untuk Wilayah I beberapa waktu lalu.

Saat itu Kementerian PAN-RB memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang berhasil menerapkan SAKIP dalam tata kelola pemerintahannya.

“Apresiasi diberikan kepada Pemerintah Daerah yang berhasil menerapkan SAKIP dengan baik dan mewujudkan tingkat efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran. Demi mencapai sasaran yang telah ditetapkan bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Menpan RB Syafruddin.

Khusus Wilayah II kali ini meliputi 11 Provinsi dan 150 kabupaten atau kota se-Kalimantan, Lampung, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta DKI Jakarta. (hms10)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.