Antisipasi DBD, Norbaiti Ingatkan Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

February 7, 2019 by  
Filed under Kesehatan

SAMARINDA – Kasus demam berdarah (DBD) yang cukup mewabah di Kaltim menarik perhatian Istri Gubernur Kaltim, Isran Noor yang Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK).

Ya, Norbaiti Isran Noor mengaku akan terus mengingatkan masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mengantisipasi kasus DBD menyerang lingkungan tempat tinggalnya.

“Mencoba menyampaikan ke masyarakat tentang pentingnya harus hidup bersih. Diantaranya kembali menggalakan anjuran pemerintah terkait 3M, yakni menguras dan menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang tidak tidak terpakai yang dapat menampung air,” sebutnya.

Langkah awal, PKK Kaltim sebagai koordinator PKK kabupaten/kota berharap kabupaten/kota dapat menyampaikan anjuran tersebut kesegala lapisan masyarakat mulai dari camat, lurah/kepala desa, hingga RT agar waspada menyikapi maraknya kasus DBD diberbagai daerah di Kaltim.

Dia menyebut, kondisi sekarang masuk kategori musim demam berdarah. Maksudnya masyarakat lagi dihadapkan banyak kasus DBD yang butuh perhatian semua pihak.

Diantaranya dengan melaksanakan 3 M maupun terbiasa hidup bersih seperti tidak menggantung pakaian sudah terpakai di balik pintu maupun lemari. Sebab nyamuk demam berdarah terbilang ekslusif karena senang hinggap di pakaian, bukan di tempat kotor atau comberan.

“Mulai sekarang mari kita saling ingat-mengingatkan demi kesehatan bersama. PKK melalui kadernya dan Posyandu juga harus aktif untuk meningkatkan drajat kesehatan masyarakat di wilayahnya,” serunya.(arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.