ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

KEK Maloy Didukung Pipa 28.728 Meter

February 1, 2019 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGKULIRANG-Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) direncanakan akan diperkuat dengan jaringan distribusi air bersih PDAM dengan sambungan pipa sepanjang 28.728 meter.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kaltim Taufik Fauzi melalui Bidang Bina Marga dan Pengairan diproyeksikan persiapan pemasangan sambungan pipa ke KEK MBTK dalam progres.

“Direncanakan, sistem jaringan pipa transmisi air baku menggunakan sumber air dari gunung sekerat. Kebutuhan air bersih KEK MBTK mencapai 200 L. Disisi lain PU akan membangun tangki timbun 10 hektare, jelas Fauzi saat mempesentasikan rencana PU mensuport air bersih ke KEK MBTK disaksikan Bupati Ismunandar dan Sekretatis Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto di Kantor Perusda PT Melati Bhakti Satya (MBS), Selasa (29/1/2019).

Pelaksana Jabatan (PJ) sementara Dirut PDAM Tirta Tuah Benua Suparjan

Senada, Pelaksana Jabatan (PJ) sementara Dirut PDAM Tirta Tuah Benua Suparjan menuturkan secara kelembagaan PDAM siap action dalam tujuan pelayanan air bersih, sambil menunggu arahan dari Dinas PU Provinsi.

“PDAM masih menunggu penugasan. Intinya 100 persen memantau perkembangan. Jika sudah positif, kami langsung bergerak cepat,” tegasnya.

Suparjan pun menambahkan tidak hanya menunggu proyek air bersih ke KEK MBTK, PDAM tengah mempersiapkan sambungan air bersih terutama di dekat kawasan KEK MBTK yaitu Kecamatan Kaliorang dan Sangkulirang.

“Kami juga tengah fokus melayani air bersih untuk kebutuhan warga di dua kecamatan. Diproyeksikan Kaliorang ada permintaan 400 sambungan rumah dan Sangkulirang 1.400 sambungan rumah. Jika ditotal kami mempersiapkan 1.800 pipa sambungan di dua kecamatan selain fokus untuk KEK MBTK,” tutupnya. (*/hm13)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.