Kutai Barat Adakan Festival Durian Tahun 2019

January 26, 2019 by  
Filed under Agrobisnis

SENDAWAR – Festival Durian yang digelar Pemerintah kabupaten Kutai Barat (Kubar), berkolaborasi dengan Tim Penggerak PKK menyelenggarakan beraneka lomba antara lain lomba makan durian, kuliner khas daerah dengan cita rasa durian, lauk dan ikan rasa durian, sambal durian dan kue durian, serta bazar buah lokal dan produk olahan durian.

Lomba Makan Durian

Bupati Kutai Barat (Kubar) FX. Yapan mengatakan asal mula buah durian ini dari Asia Tenggara, sedangkan nama dari pada durian ini sendiri diambil dari ciri khas kulitnya yang keras menyerupai duri.

“Sebutan populernya dari pada durian ini adalah Raja dari Segala Buah,” kata FX. Yapan di alun – alun Itho Jumat (25/1/2019).

Dikatakan Yapan, di Kalimantan sendiri menjadi salah satu pusat tumbuhnya beraneka ragam buah durian, Kutai Barat salah satu bagian dari daerah penghasil buah durian terbaik di Kalimantan ini.

Berdasarkan data statistik tanaman pangan dan hotikultura tahun 2018, Kubar mneghasilkan buah durian sebelas ribu enam buah (11.006) dengan total lima ratus empat belas koma tujuh (514.7) ton buah durian.

Dengan penyebaran tiga kampung di kecamatan Barong Tongkok, yaitu Kampung Asa, kampung Juhan dan kampung Gleo, dua kampung di kecamatan Long Iram, yaitu kampung Kliwai, dan kampung Long Iram Bayan, dan satu kampung di kecmatan Damai yaitu kampung Muara Bomboy, sedangkan di kecamatan Nyuatan ada empat kampung, yaitu kampung Dempar, kampung Intu Lingau, kampung Jontai, dan kampung Sembuan.

“ Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, salah satu wujud nyata untuk membangun daerah melalui pengangkatan potensi lokal,” ungkap Yapan.

Yapan, berharapkan Kubar tidak hanya dikenal dengan kemolekan alam yang indah, kekayaan seni tenun Doyo, Badong dan Tumpar, atau anyaman tikar saja, namun juga dikenal mempunyai potensi buah durian lokal yang berkuwalitas.

Sementara itu Sekdakab Kubar Yacob Tullur sangat mengapresiasi dengan gagasan dan inisiatip dari tim penggerak PKK yang baru saja melaksanakan festival durian dengan bermacam – macam lomba yang di gelar.

“ Melalui moment festival durian ini, Kubar akan lebih di kenal oleh mayarakat luas bahkan sampai ke manca negara sana kalau bisa ,” kata Yacob Tullur.

Ia mengatakan bahwa durian Kubar ini sudah sangat terkenal diluar sana, disamping isinya yang tebal dan rasanya maupun kelezatannya tidak bisa diragukan lagi, yang berjualan dipinggir jalan lebih polpuler dengan durian Melak kalau dilihat disepanjang jalan di Samarinda sana.

“ Maka dari itu melalui moment ini kami disampaikan kepada camat Melak untuk memperbanyak menanam segala macam jenis pohon durian,” ujarnya.

Diharapkan kegiatan festival durian ini tidak hanya sekali ini saja, kedapannya akan berlanjut terus festifal durian ini setiap musim duren tiba. (arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.