Kutim Gelar Kejuaraan Tinju Amatir Danlanal Sangatta Cup

January 15, 2019 by  
Filed under Olahraga Lain

Sangatta- Tak Ingin tertinggal untuk meraih prestasi pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua mendatang, Pengurus Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kaltim, terus menggelar berbagai agenda khusus mencetak dan mencari bibit potensial. Salah satunya melalui ‘Kejuaraan Tinju Amatir Danlanal Sangatta Cup’ se Kalimantan yang akan digelar Bulan Maret tahun ini di Sangatta Kutai Timur.

“Kaltim punya potensi besar dalam mencetak atlet tinju berprestasi. Peluang inilah harus kita maksimalkan,” sebut Danlanal Kutim, Letkol Laut (P) Binsar Alfret Saiful Sitorus kepada vivaborneo.

Disebutkannya, dirinya bersama masyarakat Kutim tentu sangat mendukung penuh kejuaraan tinju amatir Danlanal Sangatta cup tersebut. Apalagi eventnya digelar di tingkat Kalimantan, tentu akan banyak atlet tinju berprestasi yang ambil bagian. Mengingat kejuaraannya begitu penting lanjut Binsar Alfret Saiful Sitorus lagi, pihaknya akan melakukan persiapan sejak dini, termasuk koordiasi ke KONI, Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim. Tujuannya untuk meminimalisasi dan menekan angka kesalahan dalam proses pelaksanaan.

“Saya merasa tersanjung atas diberikan kepercayaan dan kebanggaan terbesar ini, mengingat kegiatannya menyasar se Kalimantan, diharapkan kejuaraan ini bisa memacu olahragawan dalam mengharumkan nama daerah dan negara. Terpenting juga adalah kejuraannya sukses,” tegas Binsar Alfret Saiful Sitorus.

Di tempat yang sama , Ketua Sasana Hen Boxing Kutim, Hendra Putra mengatakan, kegiatan ini merupakn terobosan untuk meningkatkan kualitas atlet tinju menuju perhelatan PON yang empat tahunnya sekali digelar nanti.

“Yang jelas bukan hanya atlet Kutim yang terus melakukan persiapan, atlet luar pun juga melakukan hal yang sama. Harapan kami, agenda ini bisa menjadi kegiatan tahunan. Karena semakin lama minat petinju semakin minim, sementara Kutim diyakini mampu mencetak atlet tinju skala nasional maupun internasional,” kata Hendra Putra.

Hendra menambahkan, cukup banyak petinju asal Kutim maupun Kaltim yang hengkang ke luar daerah karena minimnya event yang digelar. Adapun enam kelas yang akan dipertandingkan di kejuaraan Kejuaraan Tinju Amatir Danlanal Sangatta Cup adalah, elite women 19-40 tahu, elite man 19-40 tahun, younth girl 15-16 tahun dan 17-18 tahun, younth boy 15-16 tahun, 17-18 tahun, semi yunior girls dan boy 13-14 tahun serta mini yunior boy 10-12 tahun.

“Kelas yang dipertandingkan lebih ke pemuda, mengingat mereka merupakan bibit yang harus dipersiapkan secara matang sesuai kurikulum, karena ini ketegori olahraga keras,” tandasnya. (yoi)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.