Aturan Bagasi Gratis Penumpang Lion dan Wings Air Dihapuskan

January 8, 2019 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

Samarinda, vivaborneo.com, Mulai hari ini 8 Januari 2019, menejemen Lion Air dan Wings Air tidak lagi menggratiskan bagasi yang dibawa oleh penumpang pesawat low carrier cost ini. Untuk bagasi kabin, penumpang hanya diperbolehkan membawa barang seberat 7 kilogram saja.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, yang dikutip dari laman Lion Air menjelaskan Lion Air dan Wings Air akan memberlakukan kebijakan baru, yakni penyesuaian kapasitas berat barang bawaan dan bagasi terdaftar gratis atau cuma-cuma (free baggage allowance) efektif 8 Januari 2019 hingga batas waktu yang tak ditentukan (until further notice/ UFN).

“Ketentuan barang di bagasi yang diberlakukan dalam aturan baru tersebut diantaranya bagi seluruh penerbangan domestik Lion Air tak diberlakukan bagasi cuma-cuma 20 kg per penumpang. Dan untuk penerbangan domestik Wings Air, tidak diberlakukan bagasi cuma-cuma untuk 10 kg per penumpang,” papar Danang pada Lensaindonesia.com.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kaltim membenarkan kabar yang beredar di berbagai media sosial, tentang aturan penghapusan bagasi penumpang pesawat udara tersebut.

“Iya, benar informasi itu (penghapusan bagasi gratis) dari Lion dan Wings Air. Namun untuk penerbangan lainnya seperti Garuda Indonesia tidak menerapkan aturan ini,” ucapnya Selasa (8/1/2019).

Walau begitu ujar Irma yang juga merupakan pemilik Kersik Luwai Travel ini  mengatakan bahwa kemungkinan aturan in ijuga akan diikuti oleh perusahaan penerbangan lain yang berbasis low cost carrier  lainnya.

‘Walau begitu hingga tanggal 8 Januari,  penerbangan Lion, Wings dan lainnya yang mendarat di Bandara APT Pranoto Samarinda tetap saja selalu terisi penumpang,” ujarnya.(vb/yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.