Pemprov Kaltim Kerjasama dengan BMKG

January 7, 2019 by  
Filed under Politik dan Pemerintahan

SAMARINDA – vivaborneo.com, Pemprov Kaltim melalui Biro Umum Setdaprov Kaltim bekerjasama dengan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk menyampaikan informasi penting  terkait prakiraan cuaca ataupun  yang berhubungan dengan kejadian-kejadian  alam yang terjadi di Indonesia. 

Kepala Biro Umum Setdaprov Kaltim Sayid Adiyat mengatakan kerja sama dengan BMKG sangat penting bagi seluruh pegawai di lingkungan Setdaprov Kaltim termasuk juga masyarakat, sehingga dengan informasi dari BMKG  para pegawai juga bisa menginformasikan kepada keluarganya yang ada di rumah maupun di kampung terkait perkiraan cuaca atau ketika ada informasi bencana.

“BMKG juga bermanfaat untuk memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat mengenai perubahan cuaca ekstrim yang terjadi pada suatu daerah, ataupun juga mengenai perubahan iklim. Hal ini lebih bersifat mengedukasi pegawai  mengenai perubahan cuaca  dan  iklim yang tejadi,” kata Adiyat, Jumat lalu.

Selain itu, lanjut Adiyat, banyak manfaat dengan adanya kerja sama dengan BMKG ini. Bukan saja  terhadap ramalan cuaca tetapi juga dapat memprediksi bencana alam, termasuk angin topan maupun bencana alam lainnya.

“Dengan adanya pantauan dan juga laporan dari BMKG, maka masyarakat akan memperoleh informasi yang akurat mengenai bencana alam yang kemungkinan akan terjadi, sehingga dapat meminimalisir dampak yang mungkin akan muncul ketika suatu bencana,” kata Adiyat.

Apalagi saat ini diprediksi cuaca ekstrim, sehingga informasi dari BMKG tentu sangat bermanfaat, kapan hal itu bisa terjadi sehingga masyarakat yang ingin bepergian jauh harus tetap waspada. Termasuk masyarakat yang ingin ke Balikpapan ataupun sebaliknya dari Balikpapan ke Samarinda yang harus melewati Bukit Seoharto yang rawan pohon tumbang pada saat hujan disertai angin kencang.

“Oleh karena itu, kerjasama dengan BMKG sangat tepat dalam upaya saling mengingatkan pegawai di lingkup Setdaprov Kaltim bisa secara rutin mendapat informasi kondisi cuaca baik sekarang maupun yang akan datang,” kata  Adiyat.

Kerjasama Pemprov Kaltim dengan BMKG ditandai dengan pemasangan satu unit monitor di lobi lantai dasar Kantor Gubernur Kaltim, sehingga para pegawai bisa dengan mudah mendapatkan informasi tersebut. (humasprov kaltim)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.