Ponpes SAS Selenggarakan Ujian Terbuka Tahfidzul Quran

January 3, 2019 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SENDAWAR – Pondok Pesantren (Ponpes) Solat Alquran dan Sodaqoh (SAS) Sendawar, yang terletak di kampung Simpang Raya, kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat (Kubar), setiap diakhir semester sekolah selalu mengadakan ujian terbukaTahfidzul Quran juz 30.

Kegiatan ini diikuti sekitar 74 santri dari kelas 1 dan 2, dengan wajib dihadiri wali santri, serta undangan, berlangsung di Masjid Ponpes SAS Sendawar, Rabu (2/1/2019).

Pimpinan Ponpes SAS Kyai H. Pono mengatakan kegiatan mengadakan ujian Tahfizdul Quran bertujuan untuk mencetak generasi muda yang Qurani, generasi yang Robbani dan berahlakul karimah.

“Ponpes SAS ini siap mencetak generasi yang bisa menghafal Alquran, dan berahlak yang baik, dan berguna bagi masyarakat,” kata Kyai H Pono.

Dikatakan Kyai H. Pono, kedepannya para santri dapat menjunjung tinggi pedoman hidup kita yaitu Alquran, dan diharapkan para generasi santri ini menjadi suri tauladan yang Qurani di tengah masyarakat.

Setiap semester sekolah selalu dilaksanakan seperti sekolah umum juga, dan yang kedua dilakukan ujian madrasahnya, dan setiap diakhir semester selalu diadakan ujian terbuka Tahfidzul Qurani dan Robbani.

Ujian tahfidzul Quran ini kelas 1 dan kelas 2 di uji hafalannya dengan diacak dari Juz 30, 1, 2, 3, 4, dan 5, sedangkan para penguji sendiri berasal dari guru – guru di Ponpes SAS, dan di ketua langsung Pimpinan Ponpes SAS sendiri Kyai H. Pono.

“Tujuan dari pada menghafal Alquran ini adalah untuk mengavaluasi hasil pembelajaran selama di Ponpes, dan juga untuk memberikan motivasi terhadap masyarakat untuk belajar menghafal Alquran,” kata H Pono. (arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.