BI Kaltim Bangun Bagan Apung untuk Lihat Hiu Paus

December 23, 2018 by  
Filed under Lingkungan Hidup, Wisata

Samarinda, vivaborneo.com, Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur terus berkomitmen turut membangun sektor pariwisata sebagai pendamping sektor migas dan penggalian yang selama ini menjadi andalan Kaltim.

Setelah membangun lanmark  di Pulau Derawan beberapa waktu lalu, pada bula Desember 2018  ini juga Bank Indonesia Kaltim telah membangun bagan apung untuk wisatawan yang ingin melihat lebih dekat kemunculan Hiu Paus yang kerap terlihat di perairan Derawan, Kabupaten Berau.

Hal ini disampakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Muhamad Nur saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Kaltim yang berlangsung pada Selasa malam lalu ( 18/12/2018) di Samarinda.

“Kalau kita pergi ke Berau  untuk melihat Hiu Paus  tidak perlu lagi jauh-jauh ke Talisayan, cukup di sekitar Derawan saja sudah dapat menemukan Hiu Paus tersebut. Ini merupakan kontribusi Bank Indonesia dalam pengembangan potensi pariwisata di Kaltim,” ujar Nuh.

Kemunculan Hiu Paus di perairan Kabupaten Berau beberapa tahun terakhir memang menjadi fenomena tersendiri bagi masyarakat sekitar. Karena sebelumnya kawanan Hiu Paus ini tidak pernah terlihat di perairan Berau. Justru dilaporkan kawanan Hiu Paus merupakan satwa yang kerap muncul di perairan Gorontalo.

Kemunculan kawanan Hiu Paus di Kecamatan Talisayan yang meruapkan daerah pesisir Berau, membawa berkah tersendiri terutama untuk sektor pariwisata. Kawanan ini diperkirakan bermigrasi dari laut utara Sulawesi ke perairan Berau pada saat-saat tertentu.

Tidak saja di Talisayan, kawanan Hiu Paus yang tidak berbahaya ini kini juga sering terlihat di perairan Derawan yang kaya akan sumber makanan. Sehingga pihak Bank Indonesia Kaltim bekerjasama dengan Pembak Berau berinisiatif membangun bagan apung untuk memudahkan wisatawan melihat dari dekat.

“Sektor pariwisata di Kalimantan Timur, khususnya di perairan Derawan kita prediksi akan mampu mendorong perekonomian Kaltim di tahun 2019 mendatang,” tegas Muhamad Nur.(vb/yul/foto:disbudpar Berau)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.