Putra Mahkota Dinobatkan sebagai Sultan Kutai Ke-21

December 17, 2018 by  
Filed under Budaya

Tenggarong, vivaborneo.com, Putra Mahkota Aji Pangeran Adipati Praboe Soerya Adiningrat resmi dinobatkan sebagai Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI dengan gelar Sultan Aji Muhammad Arifin menggantikan Sultan Aji Muhammad Salehuddin II yang wafat pada 5 Agustus 2018 lalu.

Putra Mahkota Aji Pangeran Adipati Praboe Soerya Adiningrat resmi dinobatkan sebagai Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI dengan gelar Sultan Aji Muhammad Arifin menggantikan Sultan Aji Muhammad Salehuddin II yang wafat.

Prosesi adat penabalan atau penobatan Sultan Kutai berlangsung di Keraton atau Museum Mulawarman, Tenggarong, Sabtu (15/12/2018) pagi dengan mendatangkan dua pusaka keraton yang tersimpan di Museum Nasional Jakarta.

Pada saat prosesi penobatan, Sultan Kutai ke-XXI mengenakan baju kebesarannya, sembari menggunakan ketopong atau mahkota yang terbuat dari emas di kepala. Benda pusaka tersebut didatangkan langsung dari Museum Nasional karena dinilai sebagai benda warisan budaya nasional.

Sebelum Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Pangeran Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat dinobatkan sebagai Sultan Kutai XXI, dilakukan ritual Beluluh yang dilaksanakan di Kedaton, Jln Monumen Tenggarong, Jumat (14/12/2018) pagi.

Menteri Pelestarian Tata Nilai Adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAPK Poeger, mengatakan ritual Beluluh HAP Adi Pangeran Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat, diartikan untuk mengucapkan doa dan memohon kepada yang maha kuasa guna membersikan diri dari unsur – unsur jahat, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, yang dipimpin seorang belian.

Sultan pun mulai membaca ikrar atau sumpah sebagai Sultan Kutai XXI, setelah itu mengangkat keris pusaka. Usai berikrar, Sultan pun beranjak dari tempat duduknya dan berjalan keluar museum untuk menyapa ratusan warga yang sudah menanti kehadiran Sultan barunya sejak pagi. Sultan pun mengajak seluruh masyarakat makan dan minum di samping kiri Museum Mulawarman.
Adapun tamu kehormatan para Raja se-Nusantara, serta Gubernur Kaltim Isran Noor, Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan dan undangan lainnya dijamu makan dan minum di dalam Keraton.

Panitia telah menyiapkan 4.000 kotak makanan dalam Pesta Rakyat untuk merayakan acara penobatan Sultan Kutai XXI ini. Seluruh tenda yang berada disebelah kiri Museum Mulawarman menyediakan berbagai aneka makanan dan minuman gratis buat masyarakat.

Ratusan warga segera menyerbu tenda makanan dan minuman. Nasi kebuli, nasi kuning, serabai, lemang, bubur kacang hijau, langsung ludes dalam waktu tak sampai 10 menit.
Pesta rakyat juga dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang diisi dari beberapa sanggar tari di Kukar, serta atraksi seni yang dipersembahkan dari beberapa paguyuban di Kukar. (vb/Medsi01)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.