Jerih Payah Komunitas GMSS-SKM Diganjar Penghargaan

December 7, 2018 by  
Filed under Lingkungan Hidup

Samarinda, Vivaborneo.com, Komunitas Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus (GMSS-SKM) yang dipelopori oleh seorang wartawan di Samarinda bermana  Misman, memperoleh penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) atas kepeloporan komunitas dalam penyelamatan air dan habitatnya.

Pemberian penghargaan ini bertepatan dengan Peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia tahun 2018, yang diberikan pada enam komunitas di Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih karena telah memilih GMSS-SKM sebagai salah satu komunitas yang peduli terhadap lingkungan terutama sumber daya air dan habitatnya,” ucap Misman, Jumat (7/12/2018).

Menurutnya, kelestarian habitat sungai tidak saja menjaganya dari sampah, terutama sampah rumah tangga tetapi juga harus menjaga kelestarian ekosistem di hulu sungai, terutama menjaga jalur hijau sebagai sumber resapan air.

Lima komunitas lainnya selain komunitas GMSS-SKM  yang mendapatkan penghargaan yaitu Komunitas Mat Peci Peduli Ciliwung di Provinsi DKI Jakarta, KPS Tukad Bindu di Bali, KMPS Ibra di Nusa Tenggara Barat, KPS Ecoton di Jawa Timur dan Komunitas Sungai putat di Kalimantan Barat.(vb/yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.