Pembukaan Porprov Kaltim di Kutim Diakui Termegah

December 3, 2018 by  
Filed under Berita

SANGATTA– Megah, satu kata yang bisa menggambarkan meriahnya acara seremonial pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Porprov Kaltim) ke VI di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) 2018. Acara yang diawali dengan penampilan Armada Band dari ibukota Jakarta digelar di Stadion Utama Kudungga Sangatta, Minggu (2/12/2018) malam. Diiringi penampilan pelukis pasir sebagai ilustrasi. Sebanyak delapan lagu hits Armada disuguhkan dan membuat ribuan masyarakat yang hadir bersorak gembira. 

Ribuan pasang mata menyaksikan langsung seluruh rangkaian kegiatan dari dua tribun stadion yang dinominasi warna biru tersebut. Bahkan masyarakat mulai ba’da Magrib rela merapat ke stadion hanya untuk mendapatkan kursi yang paling nyaman. Menjadi semakin prestise karena acara juga dihadiri langsung Ketua KONI Pusat Tono Suratman. Di tribun VVIP hadir Gubernur Kaltim Isran Noor, Danrem 091/ ASN Irham Waroihan, Bupati Kutim Ismunandar, perwakilan Kepala Daerah se Kaltim, Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya. Puluhan pejabat Pemprov Kaltim, Pemkab Kutim, serta stakeholder yang ikut mendukung pelaksanaan Porprov VI Kaltim di Kutim.

Usai penampilan Armada Band, para atlet, pelatih, manager dan official masing-masing kontingen dari 10 kabupaten/kota melakukan defile bergantian masuk ke arena stadion.

Defile dimulai dari kontingen Balikpapan, Berau, Bontang, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Mahakam Hulu, Penajam Paser Utara, Paser, Samarinda dan terakhir tuan rumah Kutim.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengaku bersyukur acara Porprov bisa terlaksana di kabupaten yang dulu ia pimpin. Sebab hal itu menjadi kebanggaan tersendiri baginya.

“Saya harap para atlet terus mengedepankan sportifitas dalam bertanding,” pinta Isran.

Sebelumnya di podium yang sama, Ketua KONI Pusat Tono Suratman mengatakan, Porprov Kaltim hingga saat ini adalah pelaksanaan porprov terbesar dan termegah yang digelar dimasing-masing provinsi di Indonesia. Dia berharap Porprov Kaltim bisa menjadi acuan bagi daerah lain sebagai penyelenggara event empat tahunan tersebut.

“Saya sangat kagum dengan Opening Ceremony Porprov VI Kaltim ini. Semoga ini bisa menjadi acuan bagi daerah yang menjadi tuan rumah lainnya,” tutup ucapnya.

Meriahnya pembukaan Porprov juga dapat dilihat dari spektakulernya penampilan ratusan penari massal dipenghujung acara. Dipinggir lapangan tampak “Si Babas” (Buaya Badas Sangatta) yakni maskot resmi Porprov Kaltim ke VI ikut berjoget-joget. (*/15)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.