ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Bursa Inovasi Desa,  Berau Diajak  Lebih Hebat Dari Kabupaten Lain

November 26, 2018 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

Tanjung Redeb, vivaborneo.com,  – Segenap Kepala Kampung se Kabupaten Berau beserta perangkatnya yang menghadiri Bursa Inovasi Desa (BID) diajak mampu membuktikan Berau sebagai daerah yang lebih hebat dari kabupaten lain.

Caranya bersinergi dan bahu-membahu melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa mewujudkan desa berkembang, maju, dan mandiri, serta masyarakatnya sejahtera.

“Semua yang hadir harus mampu buktikan itu. Penilaian atau statu Indeks Desa Membangun (IDM)  harus semakin baik. Jika sekarang belum ada kampung mandiri, kedepan yang tadinya maju harus meningkat menjadi mandiri, dan yang tertinggal menjadi berkembang dan maju,” ujar  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat menghadiri Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupatenki  Berau, di Gedung Olahraga Pemuda, Tanjung Redeb, Senin (26/11/2018).

Secara umum, IDM Kabupaten Berau menunjukan hasil penilaian cukup baik. Setidaknya sudah ada 6 kampung atau 6 persen dari 100 kampung se Kabupaten Berau berstatus desa maju. Ini yang diharap meningkat statusnya menjadi mandiri.

Harapan besar pemerintah, adanya program inovasi desa yang dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan penggunaan dana desa dapat mendorong laju pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa. Terlebih kata dia, Pemkab Berau terbilang punya perhatian besar memberikan dukungan terhadap pembangunan desa.

“Berharap seluruh desa maju naik kelas menjadi desa mandiri. Lainnya juga begitu. Harus semakin baik,” harapnya.

Pada kesempatan itu ia juga mengingatkan camat harus punya motivasi kuat mewujudkannya. Minimal harus ada satu kampung di wilayahnya yang berstatus mandiri.

“Yakin jika bahu-membahu bersinergi mampu mewujudkannya dan mengatasi segala hambatan yang dihadapi,” katanya.

Bursa Inovasi Desa Kabupaten Berau sendiri dibuka Bupati Muharram dengan pemukulan gong dan penyerahan Sertifikat Bursa Inovasi Desa. Hadir mendampingi Bupati Muharram, Wakil Bupati Agus Tamtomo, dan Kepala DPMD Berau, Ilyas Natsir.(vb/rif)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.