IKWI Kaltim Sosialisasi Kesehatan

November 19, 2018 by  
Filed under Kesehatan

Samarinda-Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kalimantan Timur mengadakan serangkaian kegiatan yang salah satunya adalah sosialisasi kesehatan bagi anggota di ruang serbaguna PWI Kaltim, Jumat, (16/11/2018).

Sosialisasi menghadirkan dr. Arifin Sanjaya sebagai narasumber menyampaikan penyakit yang banyak di dapat wanita dan orang lanjut usia (lansia) yaitu kanker rahim serta kolesterol dan asam urat.

Materi yang dibahas antara lain faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker rahim seperti umur, riwayat kehamilan, obesitas, terapi hormon, riwayat keluarga dan beberapa gejala kanker rahim yaitu, perdarahan vagina, nyeri di perut bagian bawah, siklus menstruasi yang tidak teratur, penurunan berat badan secara tiba-tiba, dan rasa tidak nyaman di bagian panggul.

Selain itu juga disampaikan tentang asam urat dan kolesterol tinggi. Penderita asam urat biasanya juga mengalami masalah kolesterol tinggi, mengingat penyebab dari kedua masalah kesehatan ini sama, yaitu pola makan yang tidak sehat. Ciri ciri orang yang menderita asam urat dan kolesterol tinggi antara lain merasakan pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala, mudah merasa lelah, nyeri persendian. Gejala lainnya seperti jantung berdebar-debar lebih cepat dan keras karena banyaknya tumpukan kolesterol pada pembuluh darah oleh plak-plak yang menebal dan mengeras. Hal ini akan membuat jantung semakin bekerja keras dalam memompa aliran darah ke seluruh jaringan atau organ tubuh. Jika berlangsung terus-menerus maka dapat berakibat kelelahan pada jantung yang sering disebut sebagai gagal jantung.

Kadar kolesterol yang normal pada tubuh orang dewasa adalah sekitar 160 hingga 200 miligram per desiliter darah. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol lebih dari 240 miligram per desiliter darah, maka bisa dipastikan bahwa mereka sedang mengalami gejala kolesterol tinggi.

Seseorang yang memiliki kecenderungan gejala kolesterol tinggi dan asam urat harus selalu menjaga pola makan dan gaya hidup. Cara ini harus dilakukan agar selalu sehat dan bugar tanpa harus terkena dua masalah kesehatan ini. (*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.