PT FKP Tanam 450 Pohon Buah di Kampung Binaan

October 10, 2018 by  
Filed under Serba-Serbi

SENDAWAR – Salah satu perusahaan Tambang Batu Bara yang beroperasi di Kutai Barat (Kubar), PT Firman Ketaun Perkasa (FKP), melalui Community Development (CD) atau yang lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR), menanam 450 buah Pohon Durian Unggulan dan Holay di beberapa kampung binaannya.

Penanaman perdana pada Selasa (9/10/2018) di kampung Mendika Kecamatan Damai, dengan dihadiri Sekretaris Dinas pertanian dan Pangan Nanang Adriani.

Dalam sambutannya Nanang Adriani menyampaikan pemerintah sangat mendukung kegiatan ini karena membantu masyarakat dalam hal pertanian juga memdukung program pemerintah daerah dalam hal melestarikan lingkungan.

Dikatakan Nanang, bantuan perusahaan terhadap masyarakat dengan menanam pohon durian Unggul dan Holay tepat sekali, kami datang ke kampung Mendika ini tujuannya memberikan bimbingan tekhnis kepada masyarakat bagaimana cara menanam pohon Durian dan Holay secara benar sampai menghasilkan.

Membudidayakan tanaman holay ini sangat baik sekali kedepannya, karena nilai ekominya sangat baik, disamping itu pohon durian yang ada saat ini sudah mulai tua, dan buahnya semakin berkurang.

“Ikon Kubar ini jangan sampai punah, harus kita lestarikan bersama, karena durian Melak sangat terkenal sekali diluar sana,” ujar Nanang.

Sementara itu CD Officer FKP Yaret mengatakan,” Ya hari ini di kampung Mendika melalui kelompok tani kami mengajak masyarakat untuk menanam pohon Durian Unggul dan Holay,” kata Yaret.

Dikatakan Yaret, setelah dilakukan penanaman kita tidak berhenti sampai disitu, kami akan kawal penanaman dengan memberikan pupuk dan pemeliharaan sampai berhasil, program ditahun 2018 dikampung binaan ring satu ini disamping menanam pohon buah juga akan mebuatkan sumur gali untuk masyarakat pada pertengahan bulan ini.

Perusahaan juga rutin memberikan santunan setiap hari besar keagamaan kepada enam kampung binaan, mulai dari kampung Damai Kota, Damai Sebrang, Mendika, Sempan Kelauk, Lambing dan Benggeris.

“Sedangkan program biasiswa saat ini di fokuskan kepada perguruan tinggi di ring satu kampung binaan perusahaan dengan katagori Poltek Sendawar 8 orang dengan bantuan Rp. 9 juta pertahun, Unmul 10 orang dengan bantuan Rp. 8 juta pertahun, dan satu orang di Surya Universitas dengan bantuan Rp. 105 juta pertahun,” ungkap Yaret.

Sementara itu warga masyarakat kampung Mendika Bambang Sumarijono menyampaikan terima kasih kepada pihak perusahaan yang telah membantu masyarakat kampung Mendika ini.

“Bantuan seperti ini kita rasakan manfaatnya sampai ke anak cucu kita nanti, dengan menanam pohon buah Durian Unggul dan Holay ini saya rasa tepat sasaran,” kata Bambang. (arf)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.