ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Setiap Bulan, 4 Ribu Penumpang Pesawat Melalui Bandara Melalan Kubar

September 19, 2018 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

SENDAWAR – Kepala Bandara Melalan Sendawar Sumariyanto mengatakan jumlah penumpang melalui Bandara Melalan, Sendawar Kutai Barat (Kubar) setiap bulannya mencapai 4 ribu orang.

Saat ini baru maskapai Express Air ATR – 42 seri 300 yang melayani penerbangan komersial Sendawar – Balikpapan dan Sendawar – Samarinda PP. “Kondisi ini masih kurang juga dilihat banyaknya penumpang yang ingin menggunakan perjalanan menggunakan pesawat udara,” kata Sumariyanto di ruang kerjanya, Selasa (18/9/2018)

Otoritas bandara juga telah merencanakan melakukan penerbangan malam hari, namun untuk sementara dioptimalkan penerbangan siang hari. Meski armada Express Air ini hanya mampu mengangkut 40 penumpang, sejauh ini tidak ada kendala mengatasi lonjakan penumpang.

Dikatakan Sumariyanto, maskapai penerbangan Wings Air ATR – 72 beberapa waktu lalu telah mengadakan survey ke Bandara Melalan, Sendawar Kutai Barat (Kubar). Namun hingga saat ini belum ada mengajukan order slout penerbangan.

 

Wings Air saat ini hanya memiliki armada ATR – 72 dan tidak memliki armada ATR – 42. Sementara peningkatan runway (landasan pacu) sudah selesai sepanjang 1.350 meter. Hanya di ujung runway masih ada jurang yang belum di timbun. Sedangkan syarat pesawat ATR – 72 harus mendarat di runway dengan panjang landasan paling kurang 1600 meter.

“Kemungkinan itu salah satu pertimbangan dari pada Wings Air ATR – 72 tersebut,” kata Sumariyanto..

Sumariyanto mengungkapkan, pesawat ATR-72 jika bisa beroperasi dan mendarat di Bandara  Melalan Sendawar, mampu mengangkut 70 penumpang dalam sekali terbang. Sedangkan pesawat ATR-42 hanya mampu memuat 40 penumpang.

Sementara itu, Bagian Teknik Operasional Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandara Melalan, Aulia Mukti Negara, menyebut data terakhir mulai membludaknya penumpang atau pemesan tiket penerbangan di bandara itu adalah sejak Juli 2018. Dia mengakui angka jumlah penumpang setiap bulan di bandara itu bisa menembus empat ribu penumpang.

“Memang kami berharap kedepan Bandara Melalan akan melayani armada besar jenis ATR-72. Dengan kondisi terminal baru dan lengkap dengan fasilitasnya, sehingga semakin meningkat jumlah penumpang setiap hari,” ungkap Aulia Mukti Negara. (arf).


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.