Unmul dan SMAN Sangatta Utara Wakili Kaltim di PCTA Nasional

August 13, 2018 by  
Filed under Serba-Serbi

Samarinda,  Satu tim dari  Universitas Mulawarman akan mewakili Kalimantan Timur pada ajang Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) yang akan diselenggarkan di tingkat nasional pada September mendatang.  Sementara itu, untuk tingkat SLTA, SMAN Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur berhasil menyisihkan sekolah-sekolah favorit di Samarinda dan Balikpapan.

Kantor Perwakilan Kementerian Pertahanan Kaltim, setiap tahun  secara rutin menyelenggarakan acara PCTA ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi, untuk menggali kemampuan siswa dan mahasiswa dalam pengetahuan bela negara.

Kepala Kantor Perwaklan Kementerian Pertahanan Kaltim, Brigjen TNI Rukman Ahmad megatakan lomba PCTA ini setaraf dengan Lomba Empat Pilar Negara yang diselenggarakan oleh  Majelis Permusyawaratan dan Perwakilan di seluruh Indonesia.

“PCTA ini sudah berjalan depalan tahun dan Kaltim sudah menjuarai beberapa lomba di tingkat nasional. Untuk tahun ini kita kirim dua perwakilan dari perguruan tinggi dan sekolah menegah atas. Target kita, juara,” ujar Rukman, saat penutupan PCTA tingkat provinsi di Aula Disdikbud Kaltim, (Kamis/19/7/18).

Menurut Rukman, memampuan siswa dalam pengetahuan tentang bahaya peredaran gelap Narkoba dan bela negara sudah sangat bagus. Selain itu, kemampuan setiap sekolah sudah merata sehingga tidak menjamin sekolah diperkotaan yang menjadi juaranya.

Kategori penilaian juri dari acata PCTA ini adalah selain pengetahun tentang bela negara dan cinta tanah air, pada sesi ke dua peserta juga harus menampilkan bakat berkesenian yang berhubungan dengan  cinta tanah air, seperti menyanyi, membaca puisi ataupun menari.

Dalam sesi lomba, peserta wajib mengolah  karya tulis dan mempertahankan argumen di depan juri.  Pada sesi lainnya, peserta juga ditanya komentar singkatnya tentang apa itu bela negara dan cinta tanah air.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari Rabu dan Kamis (18-19/8/2018), diikuti oleh 24 peserta tingkat SLTA/sederajat dan 17 dari perguruan tinggi di Kaltim. Masing-masing juara pertama dari enam juara yang dipilih, berhak mewakili Kaltim pada lomba serupa yang dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, September 2018 mendatang.

Dengan tema “Wujudkan Generasi Muda Anti Narkoba dan Cinta Tanah Air” diharapkan generasi muda, khususnya yang berada di Kaltm mampu menangkal pengaruh buruk narkoba serta terus memupuk rasa cinta tanah air melalui kegiatan yang bermanfaat.

“Diharapkan tumbuhnya kesadaran dari remaja dan pemuda untuk lebih peduli dan mencintai negara dengan segala peran yang dapat dilakukannya. Termasuk,  penghindari peredaran gelap narkotika yang merupakan ancaman terbesar  yang bersifat non fisik bagi pemuda Indonesia,” tegas Rukman Ahmad.

Bertindak dalam juri Lomba PCTA 2018 adalah Khairul Akbar dari Persatuan Wartawan Indonesia, Asrani dari Dinas Pariwisata dan DR. Rahmawati dari Unmul Samarinda, yang merupakan alumnus Lemhanas 2017.

Acara ini juga dihadiri ratusan simpatisan pelajar dan mahasiswa dari tiap-tiap sekolah yang mendukung masing-masing tim untuk dapat menampilkan performa maksimal saat bertanding.(vb/ya)

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.