Pupuk Kaltim Fasilitasi Pelatihan Menejemen Koperasi

August 6, 2018 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

BONTANG, VIVABORNEO.COM,  PT Pupuk Kaltim terus mengupayakan pengembangan sektor usaha masyarakat melalui program CSR, khususnya bagi Mitra Binaan di bufferzone Perusahaan dengan metode pendampingan berkala.

Kali ini, Pupuk Kaltim fasilitasi pelatihan manajemen koperasi bagi Kelompok Usaha Bersama (Kube) Mekarsari, Kelurahan Guntung, Bontang Utara, guna mendorong pengembangan usaha melalui pembentukan koperasi, bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Bontang.

Pelatihan diikuti 23 peserta, terdiri dari ibu rumah tangga selaku anggota Kube Mekarsari, yang bergerak pada usaha pembuatan kompos organic, bertempat di Jalan Tari Antar, RT.07 Kelurahan Guntung pada Selasa (31/7).

“Dengan koperasi sebagai badan usaha, kami ingin Kube Mekarsari ini bisa memanajemen produksi, anggota dan keuangan dengan lebih baik, sehingga mampu memberikan dampak yang lebih signifikan kepada anggota,” ujar Superitendent Bina Lingkungan dan Kemitraan Departemen CSR Pupuk Kaltim Udiyanto, saat pembukaan pelatihan.

Menurut dia, hal ini wujud komitmen Pupuk Kaltim bagi masyarakat, khususnya pengembangan sektor usaha yang dijalani, sekaligus membangkitkan jiwa wirausaha masyarakat melalui kelembagaan usaha.

Selain itu diharap mampu mengurangi tingkat pengangguran serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. “Hal ini menjadi komitmen
Pupuk Kaltim bagi masyarakat, agar wirausaha di Bontang dapat terus berkembang dan pelatihan ini menjadi awal pembentukan koperasi menuju upaya tersebut, khususnya bagi Kube Mekarsari,” tambah Udiyanto.

Pelatihan ini pun diapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang melalui Kepala Seksi Perlindungan Sosial, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat (DSP3M) Bontang Viki Rizqi Riadis, serta Lurah Guntung Ida Idris. Dikatakan Viki, pelatihan ini menjadi kesempatan bagi anggota Kube Mekarsari untuk lebih berkembang dan mampu mengelola Koperasi yang akan dibentuk agar berjalan maksimal dan tidak mati suri, seperti banyak terjadi belakangan ini.

Kegiatan ini, kata Viki, merupakan wujud sinergi Pupuk Kaltim dalam mendukung program Pemkot Bontang, utamanya pemberdayaan masyarakat dengan mencetak wirausaha baru melalui pengelolaan lingkungan masyarakat. “Atas nama Pemkot Bontang, kami mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud sinergi antara Perusahaan dengan Pemkot, khususnya dalam mmbangun kesejahteraan masyarakat,” ungkap Viki.

Senada, Kepala Bidang Koperasi Diskop UKMP Bontang Yusran, turut mengapresiasi semangat para anggota Kube Mekarsari Guntung untuk mendirikan Koperasi. Dia menegaskan, pengelolaan koperasi membutuhkan komitmen dan kinerja maksimal dari seluruh anggota.

Apalagi saat ini, dari 132 koperasi yang terdaftar di instansinya, hanya 66 yang benar-benar mampu berjalan dengan baik. Sisanya tanpa kejelasan dengan berbagai macam alasan. Seperti pengurus yang tidak ada, anggota kurang dari 20 orang, tidak melakukan RAT (Rapat Anggota Tahunan), kantor atau sekretariat pindah dan sebagainya. Hal ini menjadi persoalan tumbuh atau gugurnya koperasi yang ada di Bontang.

“Hal ini jangan sampai terjadi pada Koperasi yang ingin dibentuk Kube Mekarsari nantinya. Sebab menjalankan koperasi butuh niat yang kuat dan semangat yang tinggi,” tutur Yusran. (vb/nav)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.