ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pupuk Kaltim Beri Pelatihan Pada Koperasi Binaan

August 2, 2018 by  
Filed under Artikel

Share this news

Pengembangan sektor usaha masyarakat terus diupayakan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui program CSR, khususnya bagi Mitra Binaan di bufferzone perusahaan dengan metode pendampingan berkala.

Kali ini, Pupuk Kaltim fasilitasi pelatihan manajemen koperasi bagi Kelompok Usaha Bersama (Kube) Mekarsari, Kelurahan Guntung, Bontang Utara, untuk mendorong pengembangan usaha melalui pembentukan koperasi, bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Bontang.

Pelatihan diikuti 23 peserta, terdiri dari ibu rumah tangga selaku anggota Kube Mekarsari, yang bergerak pada usaha pembuatan kompos organik, bertempat di Jalan Tari Antar, RT.07 Kelurahan Guntung pada, Selasa (31/7).

Melalui koperasi, usaha yang dijalani para ibu rumah tangga ini didorong untuk dikelola dengan lebih profesional, serta bisa berkembang dengan lebih baik, sehingga mampu meningkatkan perekonomian dan menjadi nilai tambah bagi masyarakat.

“Dengan koperasi sebagai badan usaha, kami ingin Kube Mekarsari ini bisa memanajemen produksi, anggota dan keuangan dengan lebih baik, sehingga mampu memberikan dampak yang lebih signifikan kepada anggota,” ujar Superitendent Bina Lingkungan dan Kemitraan Departemen CSR Pupuk Kaltim Udiyanto, saat pembukaan pelatihan.

Menurut dia, hal ini wujud komitmen Pupuk Kaltim bagi masyarakat, khususnya pengembangan sektor usaha yang dijalani, sekaligus membangkitkan jiwa wirausaha masyarakat melalui kelembagaan usaha.

“Hal ini menjadi komitmen Pupuk Kaltim bagi masyarakat, agar wirausaha di Bontang dapat terus berkembang dan pelatihan ini menjadi awal pembentukan koperasi menuju upaya tersebut, khususnya bagi Kube Mekarsari,” tambah Udiyanto.

Pelatihan ini pun diapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang melalui Kepala Seksi Perlindungan Sosial, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat (DSP3M) Bontang Viki Rizqi Riadis, serta Lurah Guntung Ida Idris.

Dikatakan Viki, pelatihan ini menjadi kesempatan bagi anggota Kube Mekarsari untuk lebih berkembang dan mampu mengelola Koperasi yang akan dibentuk agar berjalan maksimal dan tidak mati suri, seperti banyak terjadi belakangan ini.

“Atas nama Pemkot Bontang, kami mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud sinergi antara Perusahaan dengan Pemkot, khususnya dalam mmbangun kesejahteraan masyarakat,” ungkap Viki.(vb/vo/nav)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.