Samarinda Kembali Raih Penghargaan TPID Nasional

July 27, 2018 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

JAKARTA —Kota Samarinda untuk kedua kalinya kembali meraih penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik nasional. Penghargaan TPID terbaik 2017 diterima Walikota Samarinda Syaharie Jaang dari Presiden RI Joko Widodo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (26/7).

Penghargaan TPID terbaik nasional ini diberikan dalam rangkaian Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IX TPID 2018 yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI).

“Alhamdulillah setelah tahun lalu mendapatkan TPID terbaik tahun 2016, Kota Samarinda kembali meraih TPID Terbaik tahun 2017. Terima kasih kepada TPID kota Samarinda, baik dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Timur, Bulog, BPS, distributor maupun lembaga dan OPD terkait serta para stakeholder juga masyarakat sehingga inflasi kota Samarinda bisa terkendali,” ucap Jaang.

Menurut Jaang, keberhasilan mengendalikan inflasi ini tidak terlepas dari kekompakan TPID kota Samarinda dan juga dukungan pemerintah propinsi karena Samarinda sebagai ibukota propinsi.

“Seperti masalah harga cabe naik, BI mensupport petani dalam menanam cabe. Pedasnya cabe ini bisa menjadi biang inflasi. Begitu juga persoalan lainnya, sehingga TPID bisa melakukan upaya upaya mengendalikan inflasi,” ungkap Jaang.

Presiden RI menargetkan tingkat inflasi nasional di angka 1 atau 2, sehingga jika memiliki pertumbuhan ekonomi 5 koma, maka kedepaan ada selisih 3 sehingga masyarakat bisa leluasa membelanjakan uangnya untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

Kota Samarinda, satu satunya kota di provinsi Kaltim dan Kalimantan yang meraih penghargaan TPID terbaik. Selain Samarinda, Kota Padang, Kota Kediri, Kota Makassar, dan Kota Ternate.

Sedangkan untuk Kategori TPID Terbaik tingkat Provinsi diraih Provinsi Sumatra Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Sulawesi Utara, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk Kategori TPID berprestasi tingkat Kabupaten/Kota diraih Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Bangli, Kabupaten Banjar, Kota Bitung, Kabupaten Manggarai Timur.(vb/kmf2)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.