Baznas Kaltim Sebarkan 1.000 Zakat Jelang Idul Fitri

June 6, 2018 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

VIVABORNEO, Samarinda, Seribu orang penerima zakat berkumpul memenuhi Pendopo Lamin Etam Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda, pada Selasa (5/6) untuk menerima pembagian zakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersama Badan Amil Zakat Nasional Daerah (Baznas Kaltim) dan Forum Organisasi Zakat Kaltim, mendistribusikan bantuan zakat kepada 1.000 orang mustahik (penerima zakat).

Acara pembagian 1.000 zakat ini dihadiri berbagai macam asnaf seperti anak yatim-piatu, fakir miskin, dan lain- lain dari beberapa pondok pesantren yang ada di Samarinda dan sekitarnya. Secara simbolis acara ini dihadiri oleh mustahik dari Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kota Bontang.

Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak mengatakan mengapresiasi kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini sebagai bagian dari pelaksanaan Rukun Islam ke tiga, yaitu kewajiban membayar zakat.

“Saya menimbau Baznas dan berbagai organisasi pengumpul zakat untuk meningkatkan pengumpulan zakat baik perorangan maupun secara berkelompok di tempat perusahaan mereka bekerja,” ujarnya.

Ketua Baznas Kaltim, Fahrul Ghazi

Sementara itu, Ketua Baznas Kaltim, Fahrul Ghazi mengatakan pengumpulan zakat dan pendistribusian zakat kali ini bersinergi dengan Forum Organisasi Zakat (FOS) yang terdiri dari 17 lembaga, diantaranya, Laznas, Dompet Dhuafa,  Lazizmu, rumah zakat  dan lain-lain.

“Dengan bersinerginya Baznas provinsi dan kabupaen/kota  dengan FOS ini maka akan lebih meningkatkan pengumpulan zakat. Selain itu juga,   nominal yang diterima akan  lebih besar ketimbang menyalurkan zakat oleh masing-masing organisasi,” ucapnya.

Dalam pendistribusian 1.000 zakat  ini, masing-masing mustahik mendapatkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp300.000 dan bingkisan lebaran. Begitu juga mustahik binaan Baznas di kabupaten/kota lainnya di Kaltim.

Dalam acara ini juga diserahkan bingkisan dari unit-unit usaha yang telah dibantu oleh Baznas dan lembaga lainnya. Serta, ditandatanganinya MoU antara Baznas Kaltim dengan FOZ Kaltim dalam pengumpulan serta pendistribusian zakat, infak dan sadaqah di Kaltim.(VB/YA)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.