YKI dan IKWI Kaltim Gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan Kesehatan

May 10, 2018 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

Muara Badak- Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kaltim dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kaltim menggelar sosialisasi dan pelayanan pemeriksaan inveksi visual asam acetat (IVA) gratis di  Kantor Desa Badak Ilir Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara Rabu (9/5/2018)

Hj. Nani Heriyani,  Ketua IKWI Kaltim saat memberikan sambutan mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sosialisasi dan deteksi dini karena kanker servik atau leher rahim dan kanker payudara, masih menunjukkan angka kematian tinggi bagi perempuan. Dengan mengetahui secara dini penyakit kanker  mudah di cegah maupun diobati.

IKWI Kaltim berharap melalui kegiatan ini para kaum ibu di Muara Badak bias mandiri dan sukarela melakukan deteksi dini sebagai kebutuhan untuk terhindar dari kanker serviks. Dengan mendeteksi dini melalui tes IVA, maka bagi wanita yang positif terjangkit kanker serviks dapat mengambil langkah tepat untuk menindaklanjuti penanganannya.

“Mari kita melakukan pola hidup sehat, rajin berlahraga dengan teratur,” kata Nani.

Hj Mutiah, pengurus YKI Kaltim menyampaikan pemeriksaan IVA merupakan salah satu tes kanker serviks. Kelebihan dari tes ini adalah kesederhanaan teknik dan kemampuan untuk memberikan hasil yang segera kepada para ibu dengan cara sederhana mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

“Dengan deteksi dini, kanker servik sangat mudah diobatai dan bisa dihadapi dengan cerdas,” kata Hj Mutiah. (w)

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.