ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Tumpahan Minyak Hanguskan Kapal Kargo dan Kapal Nelayan

March 31, 2018 by  
Filed under Hukum & Kriminal

Share this news

VIVABORNEO.COM, Balikpapan, Musibah kebakaran satu unit kapal kargo batu bara dan sebuah kapal nelayan di perairan Teluk Balikpapan, mengakibatkan asap hitam membumbung tinggi, dan terlihat jelas dari sisi Balikpapan maupun Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), pada Minggu (30/3/18).

Lokasi kejadian berada di Teluk Balikpapan dengan koordinat 01°15’1424″S – 116°47’3114″E dan kejadian diperkirakan terjadi pada pukul 11.00 Wita.

Kronologi kejadian menurut laporan wartawan vb dilapangan menyebutkan, musibah ini  terjadi karena adanya tumpahan  minyak yang diduga berasal dari pipa  milik PT. Pertamina.

Namun,  semua orang harus bersabar sambil menunggu informasi selanjutnya tentang asal tumpahan minyak yang terbakar ini. Apakah milik PT Pertamina atau dari kapal tanker.

Akibat kebakaran ini menyebabkan 1 unit kapal kargo Batu bara  bernama  lambung MV. Ever Judger 2 dan sebuah kapal nelayan hangus terbakar.

Petuga gabungan langsung melakukan evakuasi pada korban nelayan yang tewas,  melakukan evakuasi pada awak kapal MV. Ever Judger 2, melakukan penyiraman dan pendinginan oleh kapal- kapal yang berada di sekitar Teluk Balikpapan

Korban terdampak dari kejadian ini yaitu 2 orang nelayan meninggal dunia,  langsung di evakuasi ke RS. Kanudjoso Djatiwibowo, Balikpapan.

Begitupun sebanyak 20 orang kru MV. Ever Judger 2 juga dievakuasi ke Rumah Sakit Pertamina Balikpapan, dan dikabarnya dalam keadaan selamat.

Tim gabungan yang diturunkan untuk evakuasi diantaranya dari Kodim  0913/PPU dan jajaran Polres PPU.  Begitupun turut serta Syahbandar dan Polairut Balikpapan, Polairut Penajam serta Fire boat Pertamina.

Proses evakuasi dan pemadaman selesai pada pukul  13.35 Wita dan pendinginan area terbakar masih dilakukan hingga pukul 14.00 Wita. Petgas masih terlihat berjaga-jaga di sekitar area kebakaran dan mengamnkan jalur pelayaran Balikpapan ke Penajam dan sebaliknya.(vb/wid/foto: ist)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.