Pentas Seni Begenjoh Nasional Dibuka Gubernur Kaltim

March 5, 2018 by  
Filed under Berita, Seni

 

Samarinda, Gubernur Provinsi  Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Farek Ishak membuka Pentas Seni Tari Begenjoh Nasional 2018 pada Sabtu malam (3/3/18) yang berlangsung di Pendopo Lamin Etam Samarinda,

Pentas Seni Tari Begenjoh Nasional 2018 merupakan rangkaian kegiatan kesenian yang bekerjasama dengan Dewan Kesenian Daerah (DKD). Tujuannya adalah dalam rangka membina, mengembangkan dan melestarikan kesenian di Kaltim yang dirangkai dengan workshop tari, musik, film dan sastra.

“Namun, kegiatan ini berkembang menjadi pertemuan antar Dewan Kesenian Nasional se-Indonesia yang merumuskan berbagai persoalan yang berkaitan dengan pengembangan kesenian di Indonesia. Jadi kita ingin menggodog beberapa hal yang berkaitan dengan pembinaan kesenian secara menyeluruh seluruh Indonesia,” ujar Ketua Panitia Begenjoh Nasional 2018, Hamdani

Sasaran yang ingin dicapai, tegas Hamdani  adalah bahwa kesenian itu selama ini masih dianggap sebelah mata oleh pemerintah. Kesenian itu, tegas Hamdani  hanyalah menjadi pemanis.

“Dengan adanya kegiatan ini,  kita mengharapkan pemerintah terbuka matanya bahwa kesenian itu terbuka matanya bukan saja sebagai pemanis tetapi dapat menjadi pembinaan karakter,” ujarnya.

Perjamuan Seni Begenjoh Nusantara 2018,  akan berlangsung hingga Senin malam (5/3/2018) . Dijadwalkan,  esok akan digelar seminar rembug Kesenian Nasional dan pada malamnya  penampilan Tari Begenjoh khas Kutai yang biasanya ditarikan untuk upacara adat keraton. Namun kini akan dilestarikan dengan cara mengajak seluruh peserta menari bersama.(ya)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.