PPU Terima Mobil Perpustakaan Keliling

February 12, 2018 by  
Filed under PPU

PENAJAM, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Wakil Bupati PPU H Mustaqim, MZ, MM menerima bantuan dari Perpustakaan Nasional RI berupa satu unit kendaraan roda empat berupa Mobil Perpustakaan Keliling.

Bertempat di halaman depan kantor Bupati PPU, mobil perpustakaan keliling ini di serahkan oleh Sri Mekar kepala Pusat Preservasi Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional, RI Kamis (08/2/2018).

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten PPU pada tahun 2016 telah mengajukan permohonan bantuan kendaraan roda empat ke Perpustakaan Nasional RI untuk dipergunakan sebagai mobil perpustakaan keliling,  tetapi dikarenakan banyaknya jumlah pemohon sehingga Kabupaten PPU baru memperoleh bantuan mobil tersebut di tahun 2018.

Di Kalimantan Timur hanya Kabupaten PPU dan Kabupaten Berau yang memperoleh bantuan Mobil Perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional RI. Mobil Perpustakaan Keliling tersebut dilengkapi dengan fasilitas jaringan internet, TV 32 Inch, layar projektor, genset dan sejumlah buku sebanyak  kurang lebih 400 judul buku dan sekitar 800 eksemplar.

“Dengan adanya mobil ini kami bisa lebih efektif dan optimal dalam pelayanan kepada masyarakat karena sebelumnya kami menggunakan mobil yang dimodifikasi demi untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat  dan mobil layanan ini merupakan mobil tercangih selama pelayanan,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten PPU M Riduan Efendi.

Pada tahun ajaran baru 2018 pada saat penerimaan siswa baru kami akan mengadakan layanan safari gemar membaca di sekolah-sekolah karena rata-rata sekolah di Kabupaten PPU belum memiliki perpustakaan yang memadai, sehingga kami dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah akan mengadakan layanan safari gemar membaca untuk memotivasi dan meningkatakan budaya baca bagi anak-anak.

“Mobil perpustakaan keliling ini adalah  merupakan media edukasi, informasi, dan hiburan kepada masyarakat Kabupaten PPU dan diharapkan memiliki nilai tambah khususnya bagi pelajar di lingkungan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten PPU untuk meningkatkan minat baca dan menambah pengetahuan karena buku merupakan pintu ilmu pengetahuan,” Ungkap Mustaqim, MZ.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Sri Sumekar,  menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah Kabupaten PPU yang telah memberikan dorongan,  sehingga perpustakaan yang ada di Kabupaten PPU ini dapat meningkat dan berkembang.

Mobil perpustakaan keliling ini lengkap dengan koleksi buku yang semua ilmu yang ada dan di lengkapi sarana teknologi informasi dengan layanan digital.

“Mohon dimanfaatkan dengan baik dan semoga layanan ini menjadi hikmah dan berkah bagi pengembangan minat baca yang ada di Kabupaten PPU dan atas nama kepala perpustakaan nasional kami menyerahkan mobil perpustakaan keliling ini,”kata Sri Sumekar. (Julisa/Hms15)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.