Ribuan Jamaah Laksanakan Shalat Gerhana Bulan

February 2, 2018 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SAMARINDA, Ribuan jammah memenuhi Masjid Baitul Muttaqien kompleks Islamic Center Samarinda untuk menunaikan ibadah shalat gerhana bulan. Jamaah berdatangan sejak menjelang shalat Magrib hingga lepas shalat Isya yang diakhiri dengan shalat gerhana dan tausiyah singkat oleh Dr. Muhammad Mahrus.Dalam ceramahnya, M. Mahrus  mengatakan bahwa terjadinya gerhana bulan pada tanggal 31 Januar yang bertepatan dengan 14 Jumadil Awal dalam penanggalan Islam, merupakan tanda-tanda kebesaran Allah Swt. Yang ditunjukkan kepada umatNya.

“Ini menjadikan peringatan bagi manusia untuk tidak sombong dan congkak. Karena, tanda-tanda yang ditunjukan (gerhana bulan) merupakan kekuasaan Allah lebih besar dari yang manusia miliki dan banggakan,” tegas Mahrus.

Dijelaskan bahwa,  di seluruh alam semesta ini terdapat miliaran galaksi dengan triliunan bintang mengelilinginya. Di langit pertama saja, Allah menciptakan empat buah galaksi yaitu galaksi Bima Sakti, Andromeda, Sombrero yang dikenal dengan omor 4594 dan Suvernova (1787a).

“Ini baru di langit pertama saja, sementara ada tujuh lapis langit yang diciptakan,” ujarnya.

Sementara itu, di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Gajah Mada (Tepian), masyarakat tumpah ruah mengabadikan fenomena supermoon ini.

Ada yang hanya menggunakan kamera gawai biasa hingga menggamati bulan dengan teropong  dan kamera canggih.

“Saya sengaja datang ke tepian ini karena dari sisi sungai Mahakam, bulan akan terlihat jelas tanpa ada penghalang,” ujar Supriyanto (38 th) warga Sempaja Samarinda.(ya)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.