Tim Khusus BI Selidiki Praktik Transaksi Bitcoin di Bali

January 16, 2018 by  
Filed under Opini

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR, Bank Indonesia (BI) menyebar tim khusus bersama kepolisian untuk menyelidiki praktik transaksi menggunakan mata uang virtual, salah satunya Bitcoin, ke sejumlah titik di Bali. BI sebelumnya sudah mengeluarkan surat edaran yang menyebutkan bahwa mata uang virtual atau digital bukan merupakan alat pembayaran yang sah di Tanah Air.
“Kami sedang melakukan pendataan di Bali khususnya di daerah wisata bekerja sama dengan kepolisian. Untuk transaksi selain Rupiah akan ditindak,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Causa Iman Karana di Denpasar, Sabtu (13/1).

Menurut Causa, sebagai daerah pariwisata dunia diprediksi menarik perhatian oknum tidak bertanggung jawab untuk menjalankan praktik ilegal tersebut di Bali.

Pria yang akrab disapa CIK itu mengingatkan masyarakat di Bali untuk tidak memanfaatkan mata uang di dunia maya itu sebagai transaksi karena tidak ada kejelasan yang mengatur mekanisme pembayaran tersebut.

“Kami ingatkan kepada masyarakat berhati-hati dengan transaksi menggunakan bitcoin karena mata uang seperti itu tidak ada otoritas yang mengatur, tidak ada undang-undangnya dan tidak jelas,” ucapnya. (http//Tim Khusus BI Selidiki Praktik Transaksi Bitcoin di Bali _ Republika Online.html/ foto:istimewa)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.