Menikmati Ubi Jalar dalam bentuk Es Krim

January 13, 2018 by  
Filed under Budaya

VIVABORNEO.COM, Ada yang menarik diantara deretan es krim yang dipajang di sebuh UMKM di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Es krim tersebut menarik mata yang memandang karena warnanya cerah alami dan mearik perhatian sapa saja yang melihat.

Ubi Jalar Ungu ternyata lezat untuk menjadi olahan es krim yang sehat dan menarik karena warnanya yang menggoda mata yang melihat

Ternyata, setelah bertanya, itu adalah es krim ubi jalar ungu yang diolah menjadi beberapa varian es krim mendampingi es krim rasa buah-buahan, cokelat dan lain sebagainya.

Ubi jalar ungu diklaim mengandung nutrisi antosianin yang tinggi sehingga berfungsi sebagai antioksidan anti radikal bebas, antimutagenik atau anti mutasi gen, dan antikarsinogenik atau anti kanker.

Hasil penelitian akademisi mencatat kandungan antosianin ubi jalar ungu berkisar 110mg – 210 mg/100 gram.

Tabel kandungan gizi yang dikeluarkan oleh Direktorat Gizi Depkes RI tahun 1981 juga mempertegas kelebihan ubi jalar ungu dari angka kandungan vitamin A yang mencapai 7.700 SI. Sangat besar dibandingkan kandungan Ubi Jalar dengan warna lainnya.

Begitupun dengan ragam ubi jalar yang tumbuh dan dikembangkan di Indonesia sangat banyak jenisnya. Berdasarkan warna, ubi jalar terdiri dari umbi yang berwarna putih, kuning, jingga (orange)  dan  warna ungu yang menarik.

Setelah searcing di “Om Google,” sangat banyak resep es krim ubi ungu yang pernah dibuat. Salah satua diantaranya  yang telah diuji coba oleh redaksi vivaborneo.com adalah resep ubi ungu rumahan nan sederhana ini.

Setelah menguji dan mencoba hasilnya, es krim ubi ungu ini cukup lezar dan dapat dikomersilkan secara massal. Rasa ubi ungunya terasa sekali begitupun dengan kelembutannya. Selamat mencoba.(vb/yul/berbagai sumber)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.