Dana Desa 2018 akan Disalurkan Dalam Tiga Tahap

January 12, 2018 by  
Filed under Politik dan Pemerintahan

SAMARINDA – Penyaluran dana desa untuk tahun 2018 rencananya  akan disalurkan oleh pemerintah pusat melalui daerah dalam tiga tahap. Pada tahun 2017, dana desa ini disalurkan dalam dua tahap sehingga dirasakan kurang dalam percepatan pembangunan desa yang memiliki kinerja baik.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan melalui Kepala Seksi Kewenangan Keuangan dan Aset Desa, Kasmawati, mengatakan transfer dana desa ke daerah ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 50/PMK.07/2017.

Ternyata, Menteri Keuangan  kembali menerbitkan PMK No 225/PMK.07/2017 tentang perubahan kedua PMK sebelumnya untuk mendukung skema padat karya tunai atau cash for work.

“Pada peraturan baru tersebut diatur perubahan skema penyaluran dana desa dari awalnya dilakukan dalam dua tahap menjadi tiga tahap penyaluran,” ujar Kasmawati, di Samarinda, Kamis (11/1).

Persyaratan dan ketentuan penyalurannya, tahap satu sebesar 20 persen disalurkan paling cepat Januari dan paling lambat minggu ketiga Juni.

Pada tahap dua 40 persen paling cepat disalurkan bulan Maret dan paling lambat minggu eempat Juni. Sedangkan tahap ketiga paling cepat disalurkan pada Juli.

Terkait presentasi penyaluran dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD) dalam realisasi penyaluran dana desa sampai tahap dua diubah dari semula paling sedikit 90 persen menjadi 75 persen.

Perbahan diakui merupakan hasil evaluasi dan menerima masukan dari Pemda, Pemdes, dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi agar desa yang berkinerja baik tidak terganggu  dengan desa yang kinerjanya kurang baik.

“Kebijakan tersebut dibuat dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di desa, mengentaskan kemiskinan, memajukan perekomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek pembangunan,” sebutnya.

Itu sebabnya, sambung dia, Presiden RI memberikan arahan agar dana desa dilaksanakan dengan skema padat karya tunai dana sudah bisa dilaksanakan mulai Januari 2018.

“Kemudian diteruskan dengan membuat surat edaran menteri bagi bupati/walikota penerima dana desa di seluruh Indonesia, termasukdi wilayah Kaltim untuk ditindaklanjuti,”(vb/arf)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.