Komisi II DPRD Kubar Sosialisasi Perda

December 1, 2017 by  
Filed under Serba-Serbi

SENDAWAR –Lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Barat (Kab.Kubar) Komisi II dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melakukan sosialisasi dua Peraturan Daerah (Perda) Perlindungan dan Penetapan Tenaga Kerja Lokal (TKL) dan Penyelenggaraan Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat (MHA), Rabu (29/11/2017) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Damai.

Berdasarkan Perda Kabupaten Kutai Barat Nomor 13 Tahun 2017 mengatur tentang perlindungan masyarakat hukum adat serta Perda Kabupaten Kutai Barat, Nomor 14 Tahun 2017 yang mengatur tentang Tenaga Kerja Lokal.

Ketua Komisi II DPRD Kutai Barat, Ipin didampingi anggota DPRD lainnya Iku, Samri Nyirang, Sri Upami dan Murdiansyah menyampaikan, masyarakat hukum adat di Kabupaten Kutai Barat, selama ini belum diakui secara optimal dalam hak pengelolaan yang bersifat komunal, Hal tersebut seperti , hak atas tanah, wilayah, budaya dan sumber daya alam yang diperoleh secara turun temurun. Sedangkan mengenai tenaga kerja lokal, diharapkan perusahaan yang bekerja di daerah Kutai Barat lebih memberdayakan masyarakat lokal.

“Memang masyarakat lokal ini tidak semuanya punya pengalaman, tetapi kami harapkan perusahaan membina masyarakat lokal ini agar mempunyai pengalaman, baik itu melalui pelatihan atau diklat yang bisa menghasilkan tenaga yang terampil,” kata Ipin. (arf).

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.