Tim Tetapkan Pemenang Lomba Posyandu Tingkat Provinsi

December 1, 2017 by  
Filed under Kesehatan

SAMARINDA – Lomba Posyandu tingkat Provinsi Kaltim 2017 memasuki tahap akhir. Setelah dilakukan visitasi atau kunjungan lapangan, Tim Penilai Lomba Posyandu 2017 menggelar rapat finalisasi untuk penetapan Posyandu berprestasi yang akan dianugrahi penghargaan pada malam anugrah Kaltim Award 2018 dalam rangka HUT Provinsi Kaltim ke 61 tahun 9 Januari 2018.

“Ini rapat penetapan pemenang Lomba Posyandu Tingkat provinsi 2017. Dari beberapa Posyandu yang dilakukan penilaian tim akan menetapkan juara satu, dua, dan tiga kategori desa untuk wilayah kabupaten maupun kategori kelurahan untuk wilayah kota,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim melalui Kabid Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat, Surya Dharma Herman.

Surya Dharma Herman saat memimpin Rapat Penetapan Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kaltim 2017, di Kantor DPMPD Kaltim, Kamis (30/11/2017) mengatakan, penetapan pemenang dilakukan oleh tim yang terdiri dari unsur DPMPD Kaltim, Dinas Kesehatan Kaltim, Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kaltim, serta dari TP PKK Kaltim.

Keterlibatan unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai tim penilai karena kegiatan Posyandu yang menjadi kriteria penilaian berkaitan dengan bidang tugas beberapa instansi dimaksud. Tentunya agar penilaian dilakukan secara objektif sesuai dengan standar pelayanan kenyataan di lapangan.

Mengingat sebelum dilakukan rapat penetapan pemenang, tim terlebih dahulu melakukan visitasi atau kunjungan lapangan melihat kegiatan Posyandu di kabupaten/kota se Kaltim. Tim melakukan penelitian dan penilaian langsung ke lapangan dengan menganalisa data serta perhitungan nilai hasil pelaksanaan Posyandu kabupaten/kota.

“Jadi rapat hanya untuk menetapkan pemenang atas kesepakatan seluruh unsur tim penilai dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala DPMPD Kaltim. Tentunya dengan mempertimbangkan hasil penilaian lapangan kemarin,” sebutnya.

Meski demikian, ia mengaku belum bisa mempublikasikan nama-nama Posyandu yang ditetapkan sebagai pemenang. Pemenang baru akan diumumkan saat penyerahan award oleh Gubernur Kaltim pada Malam Penganugrahan Kaltim Award 2018 mendatang.

Setelah ini ia berharap Kader Posyandu bisa terus meningkatkan perannya menciptakan generasi masyarakat yang sehat di daerahnya. Bagi mereka yang berhasil akan diberikan penghargaan sebagai Posyandu terbaik tingkat Provinsi Kaltim dari Gubernur Kaltim.(arfm)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.