Bank Indonesia Beri Pelatihan pada 580 Wartawan Se-Indonesia

November 23, 2017 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

VIVABORNEO.COM, Wartawan dari seluruh Indonesia berkumpul di Kota Jakarta dalam suatu pelatihan yang diadakan oleh Bank Indonesia terkait berbagai isu ekonomi dan moneter serta berbagai kebijakan terbaru dari Bank Indonesia.

Sebanyak 580 orang awak media dari 39 kantor perwakilan Bank Indonesia mengikuti kegiatan ini.  Jumlah media ini berasal dari  56 media televisi lokal dan nasional, 120 media radio, 181 media cetak dan 223 media daring (online).

“Selain sebagai wadah silaturahmi antar wartawan di seluruh Indonesia, Bank Indonesia juga ingin agar para wartawan memahami sejumlah kebijakan terbaru Bank Indonesia,” ujar Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman, saat pembukaan acara yang berlangsung di Hotel Sahid Jaya, Jakarta,  Senin (19/11/2017).

Pelatihan wartawan daerah Bank Indonesia ini memaparkan berbagai kebijakan-kebijakan terbaru Bank Indonesia terutama penanganan inflasi daerah, kebijakan Gerakan Nasional Non Tunai dan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, serta pengetahuan tentang program “Jangkau” Bank Indonesia dalam pemenuhan uang rupiah di seluruh Indonesia.

Selain itu, BI juga terus memperkuat pengetahuan para wartawan dalam kebijakan makroprudensial bagi perkembangan ekonomi daerah dan   persiapan Bank Indonesia dalam kegiatan pertemuan annual meeting Lembaga Moneter Dunia (IMF)  dan World Bank di Bali pada Oktober 2018 mendatang.

Pelatihan wartawan daerah oleh BI ini menjadi kegiatan ke dua kalinya setelah kegiatan serupa juga berlangsung di Jakarta. Bedanya, saat itu wartawan daerah dibagi dalam dua wilayah dan dua kali  penyelenggaraan.

Saat itu, waratwan yang berada di Pulau Sumatera berkumpul dengan wartawan dari Kalimantan dan Papua. Sementara, dari Pulau Jawa-Bali-NTB-NTT bergabung dengan wartawan dari Sulawesi dan Maluku-Maluku Utara.

Sementara itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara, mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Departemen Komunikasi ini sehingga mampu mengumpulkan 580 wartawan daerah seluruh Indonesia.

Dirinya berharap, kegiatan ini mampu menambah wawasan, memberi penyegaran dan mampu menyampaikan berbagai kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat luas secara baik dan benar.

“Saya berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang. Sangat penting kegiatan ini merupakan jembatan antara kebijakan Bank Indonesia dengan masyarakat yang disampaikan melalui berbagai media di daerah,” ucap Mirza.(vb/yul)

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.