Senam Bersama Warnai Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Kubar

November 14, 2017 by  
Filed under Kesehatan

SENDAWAR- Senam bersama mewarnai Peringatan Hari kesehatan nasional (HKN) ke-53 tahun 2017di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yang mengambil Tema “Sehat Keluargaku, Sehat Negeriku“. Kegaiatan ini berlangsung di halaman kantor Bupati Kutai Barat, yang diikuti seluruh Oranisasi Perangkat Daerah (OPD) serta TNI dan Polri, Senin (13/11/2017).

Kepala Dinas Kesehatan Aliman S.Km usai senam mengatakan Dinas Kesehatan melalui puskesmas yang ada sudah berjalan sesuai dengan program Germas, seperti pemeriksaan berkala di Pos Pembinaan Terpadu (Poswindu) untuk pemeriksaan  penyakit tidak menular, penditeksian dini.

“Iini bukan untuk mengobati melainkan untuk memeriksakan diri saja, jadi sebelum sakit kita harus memeriksakan diri,” kata Aliman.

Aliman mengharapkan masyarakat mendukung Germas  dengan cara membiasakan diri untuk hidup sehat, seperti melakukan aktivitas fisik, pemeriksaan berkala, membersihkan lingkungan, tidak merokok serta makan buah–buaahan dan sayur. Bahkan untuk berhenti merokok telah disiapkan dengan ahli terapi untuk melatih para perawat yang ada di puskesmas. Apabila ada niat mau berhenti merokok dapat datang ke puskesmas terdekat.

Penyerahan hadiah doorprize oleh Kepala Dinas Kesehatan Aliman S. Km (kiri)

“Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi budaya masyarakat untuk  hidup bersih dan sehat,” ujar Aliman.

Asisten III Drs. Aminuddin yang mewakili Bupati Kutai Barat FX Yapan saat menyampaikan sambutan Menteri Kesehatan mengharapkan warga Kutai Barat mendukung dan menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam kehidupan sehari- hari.

Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku, dan gaya hidup yang sehat.

“Oleh karena itu, kita perlu berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga,” kata Aminuddin. (adv/arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.