YKI dan IKWI Gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan Kesehatan

November 13, 2017 by  
Filed under Kesehatan

Anggana-Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 Tahun 2017, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kaltim dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kaltim didukung Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Kutai Kartanegara dan PT Kimia Farma Group menggelar sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan perempuan gratis khususnya pada organ reproduksi perempuan di  Balai Desa Kutai Lama Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu (12/11/2017).

Hj. Nani Heriyani,  Ketua IKWI Kaltim saat memberikan sambutan mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sosialisasi dan deteksi dini karena kanker servik atau leher rahim dan kanker payudara, masih menunjukkan angka kematian tinggi bagi perempuan. Dengan mengetahui secara dini penyakit kanker  mudah di cegah maupun diobati.

IKWI Kaltim berperan untuk mensejahterakan dan kesehatan masyarakat. Ditangan seorang wanita sehat akan terbentuk generasi sehat. Jika ibu sehat maka bisa berperan untuk anak dan masyarakat sekitarnya.

“Terimakasih kepada Kepala Desa Kutai Lama, Ketua PKK Kutai Lama, perempuan Kutai Lama yang telah hadir dan  sadar akan pentingnya kesehatan” kata Nani Heriyani.

Hal senada juga disampaikan dr. Hj. Astokini dari Yayasan Kanker Indonesia, seorang ibu harus kuat cerdas pintar dan sehat atau bisa dikatakan motor dari keluarga. Sadar akan kesehatan agar bisa memelihara anak dan keluarga.

Disebutkan,  Kanker servik sangat mudah diobatai dan bisa dihadapi dengan cerdas. Kasus kanker servik dan kanker payu dara bisa menebebkan Meninggal dunia karen pasien sudah pada stadium lanjut. Jika diketahui secara dini maka akan mudah sembuh.

Kepala Desa Kutai Lama Nurdin, dalam sambutan sekaligus pembukaan sosialisasi menyampaikan ungkapan Terimakasih kepada Yayasan Kanker Indonesia dan IKWI Kaltim atas kepeduliannya pada  kesehatan perempuan di Kutai Lama sekaligus  berharap semoga dikesepatan lain bisa dilaksanakan kembali mengingat ada 11 RT di Desa Kutai Lama dan masih banyak yg belum tersentuh informasi sosialisasi dan pemeriksaan dini kanker seperti ini.

Menurut laporan ketua panitia pelaksana Erni Wahyuni, peserta pemeriksaan kesehatan gratis ini awalnya diikuti oleh 40 orang perempuan namun karena antusias warga Kutai Lama maka peserta membludak hingga lebih dari 50 orang perempuan. (hd/vb).

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.