Festval Mahakam Masuk “Top 100 Wonderful Event Indonesia”

November 11, 2017 by  
Filed under Berita, Budaya

SAMARINDA, VIVABORNEO.COM,  Festival Mahakam kini telah masuk dalam “Top 100 Wonderful Event Indonesia” di Kalimantan Timur bersama dengan Festival Adat Erau di Tenggarong. Penilaian ini diberikan  oleh Tim Kurator Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

“Alhamdullilah, akhirnya Festival Mahakam masuk 100 Top Event di Indonesia. Untuk Kaltim ada dua bersama dengan Festival Erau,” kata Muhammad Faisal Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda, Jumat (1-/11/2017).

Dalam Post Rakernas Pariwisata III di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta  beberapa waktu yang lalu (30-31/10/17) Tim Kurator yang terdiri dari Taufik Rahzen, Dynand Fariz dan M. Noer Sardono telah mengkurasi beberapa event di Indonesia.

Tim penilai menyatakan Festival Mahakam yang memasuki gelaran ke-17 kali atau 17 tahun sangat layak masuk dalam penilaian ini bersama Festival Adat Erau yang memang digelar setiap tahun dalam gelaran lebih dari puluhan tahun.

“Kami berdua dari Kaltim langsung mempresentasikan masing-masing event, kemudian Tim Kurator yang telah mempunyai data awal langsung memberikan tanggapannya,” Lanjut Faisal.

Kedepannya, Pemerintah Pusat akan mempromosikan 100 event ini dalam bentuk Kalender Even Indonesia sehingga memudahkan para wisatawan mendapatkan kepastian informasi kapan dan dimana ada event bagus di wilayah Indonesia selama setahun ke depan.

Bahkan Kementerian Pariwisata, lanjut Faisal  sudah menjanjikan support dan bantuannya untuk 100 event yang telah ditetapkan ini ditahun 2018, tetapi tentu saja harus diimbangi dengan kebersamaan komitmen daerah untuk bersama-sama membesarkan event ini.

Melihat hasil dan apresiasi masyarakat untulk Festival Mahakam tanggal 3-5 November 2017 yang lalu, tentu saja membuat kami optimistis melangkah membesarkan lagi Festival Mahakam di tahun depan yang akan digelar tanggal 2-4 November 2018.

“Sampai jumpa di Festival Mahakam XVIII tanggal 2-4 November 2018 yang akan datang, kita wujudkan menjadi event nasional yang layak disebut Top 100 Wonderful Event Indonesia,” tegas Faisal bersemangat.(vb/yul)

 

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.