Guru Kontrak SMA/SMK Tetap Digaji

November 10, 2017 by  
Filed under Serba-Serbi

SAMARINDA – Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Hj Dayang Budiati didampingi Kepala Bidang Ketenagaan Idhamsyah mengatakan kabar yang beredar bahwa guru-guru kontrak di SMA/SMK tidak akan digaji jika tidak memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) adalah berita bohong. Karena, Pemprov Kaltim tetap berkomitmen tahun depan memberikan gaji dan insentif kepada guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan.

“Informasi tersebut hoax atau tidak benar. NUPTK merupakan syarat mendapatkan tunjangan profesi atau tunjangan sertifikasi. Tunjangan profesi yang diberikan pemerintah pusat sesuai dengan liniernya atau sesuai kompetensi masing-masing. Contohnya, jika mengajar matematika, maka kompetensinya harus matematika,” kata Dayang Budiati di Kantor Disdik Kaltim, Jumat (10/11/2017)

Dijelaskan Dayang, tidak benar apabila Pemprov Kaltim tak memberikan gaji maupun insentif bagi para guru yang sudah menjadi binaan Pemprov Kaltim. Karena mereka sudah masuk di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Dinas Pendidikan Provinsi maupun sekolah masing-masing.

Sesuai Dapodik, Pemprov Kaltim telah mendata para guru di Kaltim. Sehingga, tidak akan ragu lagi memberikan realisasi atau pembayaran gaji maupun insentif. Namun demikian, apabila ada guru yang ingin mendata untuk mendapatkan NUPTK, maka bisa saja berkonsultasi ke Dinas Pendidikan Kaltim.
Melalui Dapodik tersebut, diharapkan pihak sekolah tidak lagi menambah tenaga pengajar atau tenaga kependidikan. Apabila ada, diharapkan pihak sekolah atau kepala sekolah dapat melaporkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi, sehingga dapat didata dan dievaluasi, apakah sesuai kebutuhan atau tidak.
“Kita harapkan dengan komunikasi dan koordinasi yang baik dilakukan pihak sekolah dengan Dinas pendidikan Provinsi dapat mendukung kemudahan penyelenggaraan pendidikan di daerah ini, khususnya pemberian kesejahteraan guru. Pemprov Kaltim sesuai arahan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan Sekprov Kaltim Rusmadi menegaskan tetap berkomitmen memberikan perhatian kepada dunia pendidikan,” jelasnya. (ya/sam)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.